Jum'at, 20 September 2019
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Selasa, 09 Juli 2019 | 11:30 WIB

Mobimoto.com - Di Indonesia, khususnya di daerah non perkotaan, sangat mudah untuk menemui kondisi jalan yang rusak.

Baik bergelombang maupun berlubang, kondisi jalanan yang buruk bisa menjadi faktor terjadinya kecelakaan.

Namun berbeda dengan di Inggris. Untuk mengurangi jatuhnya korban, pemerintah Inggris membahas dengan serius isu ini.

Hal ini dipicu oleh Komite Trasportasi Umum (Commons Transport Select Comitee) yang menganggap pemerintah lalai jika membiarkan adanya kerusakan jalan.

"Faktanya jalanan lokal di Inggris telah sampai di titik di mana mereka dibiarkan rusak dan dibutuhkan puluhan tahun untuk diperbaiki sesuai standar. Ini menunjukkan kelalaian pemerintah dan dewan lokal." menurut komite tersebut, dikutip dari Rideapart.

Jalan rusak di Poros Trans Batumarta Unit 2, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. (Dokumen: KemenPUPR)

Menurut mereka, kerusakan jalanan menjadi biang keladi banyaknya kasus motor yang mengalami kerusakan suspensi, pegas yang patah serta roda yang melenceng.

Tak hanya itu, adanya kerusakan jalan membuat banyak motor "terlempar" atau "tertancap" ke lubang, membahayakan nyawa para pengendara.

"Kami tahu lubang jalanan adalah gangguan dan berbahaya khususnya bagi pengendara sepeda motor." kata juru bicara pemerintah Inggris.

Di Indonesia sendiri, Pemerintah memang sering menyatakan mengenai keseriusannya mengenai penggarapan infrastruktur. Namun untuk perbaikan jalan di daerah masih menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah di setiap tahunnya.