Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo : Senin, 10 Juni 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sepeda motor lazimnya hanya dipakai untuk keperluan mengangkut manusia, hewan ataupun benda yang ukurannya tidak terlalu besar.

Namun dalam praktik sehari-harinya, ada juga manusia yang memaksakan sepeda motor untuk mengangkut barang besar nan berat.

Tuntutan pekerjaan untuk mencari sesuap nasi biasanya digunakan sebagai alasan untuk menggunakan motor tak sesuai peruntukkannya.

Seperti yang terlihat dalam foto berikut ini, yang mana menunjukkan sepeda motor digunakan untuk mengangkut kayu gelondongan dengan ukuran raksasa.

Tak diketahui pasti di mana kejadiannya, namun diperkirakan terjadi di wilayah Indochina antara Thailand, Kamboja, Myanmar ataupun Vietnam.

Motor untuk mengangkat kayu gelondongan.(Facebook/)

Meski demikian, motor yang digunakan untuk mengangkut kayu gelondongan ini bukanlah motor standar pabrik.

Pemiliknya sudah memodifikasi hampir semua bagian bodi motor untuk beradaptasi dengan medan yang dilewati hingga berat yang diangkut.

Pada bagian ban misalnya, orang-orang di sana menambahkan semacam potongan rantai untuk bisa melaju di jalanan tanah nan licin.

Motor untuk mengangkat kayu gelondongan.(Facebook/)

Bagian lain yang dimodifikasi secara ekstrem adalah shockbreaker belakang. Jika biasanya hanya ada satu, motor-motor ini memakai tiga shockbreaker.

Jika motor digunakan untuk sesuatu yang tak semestinya, pasti ada risiko celaka. Namun demikian, inovasi yang diterapkan bisa jadi meminimalkan risiko kecelakaan yang mungkin terjadi.

Kira-kira di Indonesia ada tidak ya, motor yang dimodifikasi seperti ini?

BACA SELANJUTNYA

Lampu Motor Padam? Jangan Panik! Ketahui Musuh Tersembunyi di Masalah Ini