Selasa, 17 September 2019
Angga Roni Priambodo : Kamis, 06 Juni 2019 | 18:00 WIB

Mobimoto.com - Motor MotoGP tentu dibuat berbeda dengan motor yang lainnya. Kendaraan tersebut dibekali dengan spesifikasi khusus yang telah disesuaikan dengan kebutuhan sirkuit balap.

Soal daya pacu, motor MotoGP mampu menembus kecepatan maksimal 300km/jam. Kemampuan tersebut semakin menonjol dengan dukungan segundang teknologi canggih.

Jangan heran, dengan seperangkat keistimewaan tersebut, motor MotoGP dibanderol dengan harga fantastis.

Sayangnya meski paham dengan wujud motor MotoGP, belum banyak yang tahu soal harga kendaraan istimewa tersebut. Jawaban pun akhirnya terkuak lewat situs resmi salah satu tim besar MotoGP.

Dikutip dari laman Box Repsol, motor MotoGP dibanderol dengan harga 3 juta euro atau sekitar Rp 48,6 miliar. Harga itu merupakan kalkulasi dari setiap bagian motor. Mulai dari mesin (Rp 3,2 -4 miliar), sensor elektronik (Rp 1,6 miliar), rem depan (1,1 miliar), ban motor (19,2 miliar) dan komponen lainnya.

Mahalnya harga motor MotoGP juga sesuai dengan biaya reparasi. Dalam kondisi lecet saja biaya reparasinya mencapai Rp 240-380 juta. Sedangkan saat motor rusak akibat kecelakaan dibutuhkan biaya perbaikan sebesar 100.000 euro atau Rp 1,6 miliar.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez meraih pole position setelah mencatat waktu tercepat saat kualifikasi MotoGP Argentina di sirkuit Termas de Rio Hondo. Juan MABROMATA / AFP