Selasa, 25 Juni 2019
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Kamis, 06 Juni 2019 | 08:00 WIB

Mobimoto.com - Tak cuma pemotor yang butuh helm. Ada juga pesepeda, bahkan aparat keamanan. Helm dari ketiganya pun memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Namun timbul pertanyaan, mana sih yang paling keras?

Hal itulah yang membuat salah seorang Youtuber menguji kekerasan helm dengan mesin memberi tekanan hidrolis. Sebanyak empat helm diuji, yakni helm pesepeda, helm full face pemotor, dan juga dua helm militer dengan bentuk yang berbeda. Siapa yang paling keras?

Dalam video tersebut, keempat helm diberi isi yang merepresentasikan kepala, yang mana adalah kubis dan semangka. Saat keempat helm tersebut diberi tekanan berton-ton, satu persatu helm amblas, begitu juga helm pemotor tersebut.

Setelah menguji keempat helm tersebut, ternyata helm yang paling keras adalah helm militer, yang tentu saja memiliki fitur anti peluru. Tentu saja hal ini bukan patokan utama dalam memilih helm, karena fungsi helm bagi pemotor adalah menyerap gaya benturan, bukan menahannya. Namun tetap saja video ini cukup menghibur, setidaknya 7,6 juta pasang mata yang telah melihat video tersebut.