Senin, 16 September 2019
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Senin, 20 Mei 2019 | 09:00 WIB

Mobimoto.com - Seiring perkembangan zaman, perangkat keamanan di sepeda motor juga semakin canggih. Sebut saja fitur kunci motor keyless dan juga sistem remote, yang dilengkapi dengan alarm. Namun dulu, ada satu perangkat keamanan sepeda motor yang kini sudah jarang ditemukan lagi. Yuk, nostalgia sejenak.

Saat ini perangkat keamanan di sepeda motor sudah banyak jenis dan ragamnya. Mulai dari pengunci grip gas dan tuas rem atau tuas kopling. Ada juga gembok cakram, yang sudah dilengkapi dengan fitur alarm. Tak ketinggalan, fitur alarm motor yang bisa dipasang sendiri, di hampir semua jenis sepeda motor.

Harga perangkat keamanan tersebut pun cukup bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Namun apakah kamu masih ingat dengan perangkat keamanan sepeda motor yang satu ini? Sudah cukup jarang ditemukan, lho.

Dahulu, hampir di semua jenis sepeda motor yang telah dilengkapi dengan rem cakram, diproduksi lengkap dengan kunci gembok yang satu ini, lho.

Gembok Roda Sepeda Motor yang Kini Sudah Jarang Ditemui. (Facebook/Tri Joko)

Foto unggahan Tri Joko di jejaring Facebook itu pun, memancing nostalgia beberapa warganet, yang pernah merasakan fungsi dari perangkat keamanan berupa gembok roda.

"Saya masih pake, abis naro gembok biasa bingung ditaro mana plus kadang lupa naro," kata Jamhari Rizal Wijaya.

"Vario 2008 saya masih dikasih gituan dari diler, dulu dilepas, sekarang pengen maki lagi udah entah ke mana. Praktis, cuma berisik kalo lewat jalan rusak." Ujar Firman Muhammad.

Kini perangkat keamanan sepeda motor berupa gembok roda, memang masih dijual, namun berbeda secara bentuk serta fitur-fiturnya.