Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Kamis, 21 Februari 2019 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Astra Honda Racing School (AHRS) di musim kompetisi 2019 resmi meninggalkan CBR150RR dan CBR250RR sebagai kendaraan yang mereka gunakan untuk melatih pembalap-pembalap muda. Pengumuman ini dikeluarkan oleh AHRS melalui posting di akun Facebook resmi mereka.

Sebagai ganti dari CBR-Series tersebut, AHRS kini akan menggunakan motor baru yang lebih populer untuk penjenjangan kelas balapan. Motor tersebut adalah Honda NSF100, serupa dengan motor yang digunakan oleh Marc Marquez beberapa waktu yang lalu.

Honda NSF100 yang dipakai Marquez. (hondaracingcorperation.com)

Spesifikasi dari motor ini, sebenarnya motor ini dilengkapi dengan mesin yang tergolong biasa-biasa saja. Yakni mesin SOHC dengan kapasitas 99,2 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,4 HP dan torsi sebesar 7,4 Nm.

Tak hanya itu, motor yang dilengkapi dengan mesin 4-tak satu silinder dengan pendingin udara ini dilengkapi dengan sistem transmisi 5 percepatan dan masih memakai karburator.

Berbeda dengan motor yang AHRS telah tinggalkan,Honda NSF100 ini dibekali dengan sasis twin spar, serupa dengan sasis yang banyak digunakan di ajang MotoGP. Selain itu, motor ini juga memiliki roda dengan diameter pelek sebesar 12 inchi dengan sistem pengereman cakram roda depan dan belakang. Yang paling spesial adalah bobot dari motor ini yang cuma 73,6 Kg. 

Dengan 'senjata baru' ini, akan kah AHRS menghasilkan pembalap-pembalap muda berbakat lainnya?

BACA SELANJUTNYA

Taklukkan Jalan dengan Motor Injeksi: 5 Tips Perawatan Jitu