Jum'at, 26 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 15 Februari 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Tak cuma jago bikin moge (motor gede), MV Agusta ternyata juga jago membuat kendaraan yang unik. Setelah informasi mengenai  go kart dari pabrikan motor eksotis asal Italia ini, kali ini giliran sebuah motor kecil (atau mini mungkin?) Mobimoto.com ingin mengupas mengenai motor mini buatan MV Agusta.

Dilansir dari Silodrome, MV Agusta pernah membuat motor mini yang memiliki nama MV Agusta Mini Bike Racing. Model ini dipasarkan secara resmi oleh pabrikan Italia tersebut pada pertengahan tahun '70-an.

MV Agusta Mini Bike Racing. (artcurial.com)

Motor ini merupakan miniatur dari motor balap milik Phil Read, seorang pembalap dari pabrikan MV Agusta yang berhasil menjuarai kejuaraan dunia kelas 500 cc di tahun 1973. Miniatur motor balap ini bahkan juga memiliki empat knalpot seperti motor balap milik Read. Dulunya, motor ini tersedia dalam ukuran pelek 8 inchi, 10 inchi dan 12 inchi.

Mini Bike Racing ini menggendong mesin 47,6 cc 2-tak satu silinder yang dilengkapi karburator Dellorto dan kopling sentrifugal. Kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh motor ini adalah 40 km/jam, tergantung bobot pengendaranya sih. Lalu konsumsi bahan bakar dari motor ini mencapai 50 km/l dengan berat motor mencapai 30 kg.

Motor ini dulunya hanya dibuat sebanyak 300 unit dan sedikit yang 'selamat' hingga saat ini. Dan menjadi buruan kolektor tentunya. Motor ini juga bisa ditemui di situs lelang Artcurial dengan harga 2000-3000 euro atau sekitar Rp 30 jutaan ke atas. Tertarik untuk memboyongnya?

BACA SELANJUTNYA

Lampu Motor Padam? Jangan Panik! Ketahui Musuh Tersembunyi di Masalah Ini