Kamis, 18 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Kamis, 14 Februari 2019 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Indonesia bisa jadi memang belum memiliki mobil nasional yang diproduksi massal. Namun masalah kemampuan untuk membuat beraneka macam kendaraan, Indonesia tidak bisa dianggap remeh. Seperti produknya yang satu ini.

Mobil tempur buatan tanah air kini go international lantaran dipakai oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) untuk misi perdamaian di Kongo, Afrika. Mobil termpur alias rantis (kendaraan taktis) buatan PT Pindad (Persero) ini bernama Pindad Komodo, sebuah jip tempur lapis baja yang didesain untuk mampu 'melahap' beraneka jenis karakter medan pertempuran.

Pindad Komodo versi Komando. (Twitter/@Cakra_Kostrad)

Pindad Komodo dibuat dalam lima varian, V1 untuk varian intai, V2 untuk varian APC (Armoured Personnel Carrier) alias unit angkut pasukan, V3 untuk varian komando,V5 untuk angkut rudal dan V5 untuk varian khusus.

Bisa angkut rudal? Bisa dong. Dengan mesin diesel berkapasitas 5.193 cc, kendaraan taktis satu ini mampu memnghasilkan tenaga sebesar 215 ps. Tak hanya itu, kendaraan berbobot 25 ton ini dilengkapi dengan kaca dan body anti peluru yang mampu menahan peluru dengan kaliber 7.62 mm.

Kabar baiknya, PT Pindad juga menerima pesanan Pindad Komodo untuk sipil, alias diproduksi untuk umum. Namun kabarnya tentu ada pengurangan spesifikasi dibandingkan versi militer. Tak hanya itu, kendaraan ini juga dapat dipesan langsung ke Pindad dengan harga sekitar Rp 2 miliar, tergantung tipe pesanan tentunya.

BACA SELANJUTNYA

Apa Saja Pantangan untuk Pengguna Mobil Matic CVT?