Kamis, 28 Maret 2024
Dany Garjito | Husna Rahmayunita : Selasa, 18 Desember 2018 | 12:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Belum banyak yang tahu, kalau sepeda motor yang tersebar di pasaran memiliki sejarah tersendiri. Seperti halnya dengan Kawasaki Ninja H2 yang pernah mendapat julukan sebagai 'pembuat janda' (the widow maker).

Kok bisa ya?

Dikutip dari laman Bennetts.co.uk,  dulu sampai sekarang Kawasaki Ninja H2 dikenal sebagai motor superbike. Di tahun 1970-an, motor itu dikenal dengan nama Kawasaki H2 Mach IV.

Hebatnya, Kawasaki H2 Mach IV menjadi yang tercepat di zamannya, mengalahkan Suzuki, Triumph, BSA dan Honda. Kemampuan tersebut diperoleh dari spesifikasi mesin 748 cc, berpendingin udara, 2-tak, 3 silinder bertenaga 74HP dengan torsi puncak 77,4 Nm.

Selain cepat kendaraan roda dua (R2) itu terkenal memiliki suara yang bising. Membuat kendaraan lain yang ada di sekitarnya minggir.

Kawasaki H2 Mach IV. (bennetts.co.uk)

Namun begitu, nyatanya kecepatan dan kebisingan yang ditawarkan tidak seimbang dengan bodi yang dimiliki. Dengan bodi yang ringan, motor itu sulit dikendalikan oleh pengendara yang tidak cakap.

Bagi pemula, salah ngegas Kawasaki H2 Mach IV sedikit bisa kecelakaan dan menelan korban. Karena hal itulah, motor tercepat dizamannya itu mendapat julukan 'pembuat janda' (the widow maker).

Yang lebih membuat miris, selain mendapat julukan yang terkesan negatif, motor itu terpaksa disuntik mati di tahun 1975 akibat krisis minyak dan peraturan lingkungan terbaru yang membuatnya tidak lolos uji emisi.

BACA SELANJUTNYA

Senasib MotoGP Qatar2020, World Superbike Juga Diundur Karena Virus Corona