Jum'at, 21 Juni 2019
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Senin, 17 Desember 2018 | 18:00 WIB

Mobimoto.com - Di jejaring media sosial, sering ditemui video sepeda motor yang melintasi rel kereta api, hingga akhirnya viral. Pada beberapa kesempatan, video ini sering diabadikan oleh para pengguna kendaraan bermotor yang sedang menanti di palang pintu rel kereta api.

Banyak netizen yang menganggap video ini kocak, karena memang terlihat janggal. Kok ada ya, sepeda motor yang telah dimodifikasi sedemikian rupa, hingga bisa melaju di atas rel kereta api.

Usut punya usut, sepeda motor yang sedang melintasi rel kereta api itu bukanlah sedang melakukan prank atau lelucon, guna memancing perhatian masyarakat maupun netizen, Sob.

Ternyata, sepeda motor yang kerap terlihat melintasi rel kereta api itu bertugas untuk melakukan pemeriksaan rel kereta api secara berkala.

Hal ini, sebetulnya sudah cukup terlihat karena orang yang menunggangi motor di atas rel kereta api ini menggunakan helm, lengkap dengan rompi. Orang-orang itu biasa disebut sebagai juru penilik jalan, Sob.

Meski banyak netizen yang menganggap hal tersebut aneh dan lucu, tapi tak sedikit juga yang tahu bahwa itu adalah juru penilik jalan.

''Mengapa dianehkan? Itu sedang pengecekan kondisi rel, dan merupakan kewajiban untuk mencegah bahaya dan bencana. Dulu, pengecekan harus dengan jalan kaki. Sekarang dengan motor. Lebih cepat dan lebih manusiawi,'' ujar @koswara.

''Juru penilik jalan itu petugas patroli jalur harian Pak. Patroli jalur harian dengan kereta sederhana ada juga kok di LN spt di Melbourne, Australia. Untuk inspeksi periodik, kita juga punya kereta ukur dengan aneka instrumen sebagaimana bapak rinci di atas.'' Terang @MalangTramway.

Jadi, kalau kamu sedang berhenti di palang pintu rel kereta api, jangan heran ya, kalau ada sepeda motor yang melintasi rel. Itu tandanya sedang ada pengecekan dari para juru penilik jalan (rel kereta api).