Jum'at, 19 April 2024
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Kamis, 29 November 2018 | 13:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Pabrikan Honda kini bisa dibilang menjadi pabrikan yang paling bersinar di dunia MotoGP, terlebih setelah Marc Marquez berhasil mempertahankan prestasinya. Tapi jika menengok sejarah, motor pertama Honda diajang MotoGP beda banget dari pada sekarang.

Dahulu kala, balapan MotoGP dikenal dengan WorldGP. Ajang tersebut menjadi tontonan menarik bagi pabrikan Eropa. dan membuat insinyur otomotif dari Jepang, Soichiro Honda tak mau tinggal diam.

Pendiri pabrikan Honda  kemudian mengirimkan empat motor Honda RC142 terjun ke sirkuit balap ajang WolrdGP dalam seri The Isle of Man pada tahun 1959. Motor itu menjadi tonggak sejarah debut Honda di ajang balap.

Empat orang pembalap bernama Naomi Taniguchi, Giichi Suzuki, Teisuke Tanaka dan Junzo Suzuki kemudian didapuk menunggangi Honda RC142 di khalayak Eropa. Keempatnya kemudian berhasil merebut posisi ke 6,7,8 dan 11.

Honda RC142, motor pertama yang terjun ke dunia MotoGP. (world.honda.com)

Melihat pencapaian itu, banyak orang yang kemudian tertarik dengan motor Honda RC142.

Jika dilihat dari bodi, bentuk motor pertama Honda yang terjun ke dunia MotoGP beda jauh dari motor zaman sekarang. Bentuk fisiknya minimalis dan hanya memiliki berat 87 kg.

Beralih ke dapur pacu, Honda RC142 mengusung kapasitas mesin 125 cc, kekuatn maksimal 18 PS, berpendingin udara, DOHC dan mengandalkan 6 percepatan. Sebagai benda jadul, motor itu masih mengandalkan rem tromol.

BACA SELANJUTNYA

Lima Pembalap Legendaris MotoGP, Siapa Saja Selain Valentino Rossi?