Rabu, 08 Juli 2020
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Rabu, 14 November 2018 | 07:15 WIB

Mobimoto.com - Saat ini, sumber energi kendaraan yang paling sering ditemui adalah BBM dan listrik. BBM-pun masih dibagi menjadi dua, yakni bensin dan solar. Hingga saat ini belum ada alternatif lain yang lebih mujarab jika dibandingkan BBM.

Bahkan bahan bakar alternatif seperti Bio Solar-pun juga masih tergolong BBM, terlepas dari bahan pembuatannya. Namun bagaimana jika sebuah mesin yang 'meminum' BBM digantikan dengan bahan lain? Alkohol misalnya. Bakal seperti apa ya?

Seperti yang diperlihatkan di gambar ini. Selain mempelihatkan penggunaan alkohol, video ini juga mempelihatkan bagaimana 'daleman' mesin ketika alkohol tersebut memasuki ruang pembakaran.

Kondisi ruang pembakaran mesin saat membakar alkohol. (Youtube/Warped Perception)


Saat membakar alkohol, bisa dilihat bahwa percikan api yang timbul terlihat minim. Hal ini tentu berarti tenaga yang dihasilkan bakal jauh di bawah tenaga yang diperlukan saat mesin digunakan di kehidupan nyata. Kendati demikian, alkohol tersebut malah membersihkan kerak mesin saat pembakaran, sehingga mesin terlihat lebih bersih. Bandingkan dengan ketika menggunakan bensin.

Kondisi ruang pembakaran mesin saat memebakar bensin. (Youtube/Warped Perception)


Saat mesin membakar bensin, terlihat api yang dikeluarkan terlihat lebih besar saat terjadi pembakaran. Hal ini memungkinkan mesin untuk bekerja optimal. Untuk selengkapnya simak video berikut ini.

Jadi itulah suasana ruang pembakaran pada mesin saat sedang bekerja, menarik bukan?

BACA SELANJUTNYA

Bukan Main, Ginikah Jadinya Gergaji Mesin Dijejali Mesin Motor 2-Tak?