Senin, 29 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Kamis, 25 Oktober 2018 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Jagat otomotif di dunia maya kembali dihebohkan dengan sesosok penampakan motor yang misterius. Penampakan yang berupa spyshot ini diposting oleh akun Instagram @agoez_bandz. Disinyalir motor ini merupakan calon generasi terbaru dari motor Yamaha yang di Indonesia dikenal dengan nama Yamaha Byson.

Motor ini pertama kali masuk di Indonesia tahun 2010. Motor ini sempat booming, hingga saat Yamaha merilis New Vixion Lightning, pamor dari motor yang biasa dijuluki 'kebo' ini mulai turun. Pada mulanya, motor ini dibekali dengan mesin berkubikasi 153cc 2 klep berpendingin udara. Dengan performa yang dianggap inferior oleh mayoritas biker, motor ini lama-kelamaan menerima facelift.

Yamaha Byson karburator generasi pertama. (yamaha-motor.co.id)

Motor generasi kedua ini mengalami beberapa perubahan, mulai dari desain, hingga sistem pengabutan yang dulunya memakai karburator kini menggunakan injeksi. Tak hanya itu, sektor dapur pacupun juga mengalami perubahan. Pada generasi kedua yang bernama Byson FI, motor ini mengalami penyusutan kapasitas mesin menjadi 149,3cc. Tenaga pun juga menyusut dari 13,6 dk menjadi 12,9 dk. Tak hanya itu, torsinya juga ikut turun dari 13,6 Nm menjadi 12,98 Nm. Namun motor ini juga mengalami revisi rangka, sehingga motor ini menjadi lebih ringan 3 kg dari sebelumnya, kini hanya berbobot 133 kg.

Walaupun demikian, tarikan Byson FI malah disebut-sebut lebih responsif dibandingkan dengan versi karbu-nya. Tim Mobimoto sendiri pernah menjajal kedua motor tersebut dan berkesimpulan, kabar tersebut tidaklah fiktif.

Spyshot Yamaha Byson (Instagram/@agoez_bandz)

Namun, pamor Byson yang terlanjur meredup, bisa dibuktikan dengan penggunanya yang jarang terlihat di jalanan dibanding versi terdahulu. Oleh karena itu, wajar jika Yamaha berniat melakukan pembaruan terhadap motor ini.

Menurut spyshot diatas, belum banyak yang bisa dipastikan, namun yang tampak adalah desain jok berubah, dari split-seat pada Byson Fi berubah menjadi tandem layaknya versi terdahulu. Tak hanya itu, bentuk knalpot dan tangki bensin juga berubah. Walaupun desain tangki kurang terlihat begitu jelas.

Penasaran? Tunggu info selanjutnya dari Mobimoto.com.

BACA SELANJUTNYA

Potret "Kopdar" Yamaha NMAX Ala Penjual Sayur, Kompak Bawa Dagangannya dengan Bak Khusus