Kamis, 25 April 2024
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Senin, 03 September 2018 | 21:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Untuk memenangkan kejuaraan, seorang pembalap seperti Marc Marquez harus memiliki tunggangan yang mumpuni. Cek mesin dan komponen khususnya oli dan ban harus dilakukan dengan baik oleh mekanik Tim Repsol Honda.

Mengingat, sepeda motor MotoGP sangat berbeda dengan motor-motor yang ada di pasaran. Perawatan khusus harus dilakukan demi menjaga performa.

Mekanik Repsol Honda harus memastikan jika Honda RC213V yang ditunjuk sebagai tunggangan pembalap Macr Marquez dan Dhani Pedrosa di musim MotoGP 2018 tidak ngadat dan eror di tengah sirkuit.

Pengecekan komponen seperti mesin, ban, rem dan oli dilakukan. Bagi kaum awam, ganti oli dirasa kegiatan yang paling wajib yang biasanya dikeluhkan saat service. Ganti oli untuk sepeda motor biasa disesuaikan dengan jarak tempuh. Sedangkan waktu idealnya yaitu per jarak 2.000 - 3.000 kilometer.

Bagaimana dengan kendaraan Honda RC213V milik Marc Marquez?

Mekanik mengecek oli sepeda motor Honda RC213V. (boxrepsol.com)

Dikutip dari laman boxrepsol.com, ternyata sepeda motor Marc Marquez cukup rajin ganti oli. Honda RC213V menggunakan oli baru untuk setiap seri MotoGP.

Setiap seri MotoGP biasanya dilakukan selang waktu dua sampai tiga minggu. Sedangkan untuk sesi latihan dilakukan rutin beberapa hari sebelum balapan.

Selepas balapan oli sepeda motor Marc Marquez dan pembalap Tim Repsol Honda benar-benar dikosongkan. Oli baru akan diisi sebelum melakukan latihan FP1. Selama seri latihan sebelum balapan tulah oli hanya dicek volumenya apakah memenuhi syarat apa tidak.

Demi menjaga kualitas, makanya setiap balapan di hari Minggu oli benar-benar diganti dengan yang baru. Bisa disimpulkan,  untuk setiap seri latihan dan balapan di hari Minggu, oli sepeda motor MotoGP diganti sebanyak dua kali.

BACA SELANJUTNYA

Beragam "Minyak" yang Harus Diperhatikan oleh Pemobil Awam