Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal : Rabu, 08 Agustus 2018 | 13:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Memasuki era baru, teknologi mesin hybrid pada pada sepeda motor akan diprediksikan menjadi "the next big things". Produsen sekelas Honda dan Yamaha pun turut andil dalam menelurkan produk dengan mesin hybrid.

Honda PCX Hybrid dan Yamaha Grand Vilano merupakan proyek pioner dari masing-masing pabrikan. Sama-sama menggunakan mesin hybrid, apa sih perbedaan dari Honda dan Yamaha? Check this out...

Pada dasarnya, kedua mesin memiliki konsep kerja yang sama namun memiliki perbedaan tipis.

Komponen mesin hibrida Honda PCX. (youngmachine.com)

Pada mesin hybrid Yamaha, mereka menggunakan "Yamaha Stop & Start System" dan "Smart Motor Generator" yang cara kerjanya mirip dengan "ACG Starter & Assist Motor" milik Honda, yang mana adalah teknologi yang membantu "mematikan" mesin saat kendaraan berhenti dan "menyalakan" mesin saat akan berakselerasi tanpa harus mematikan dan menghidupkan mesin secara betulan.

Perbedaanya adalah Honda PCX Hybrid memiliki baterai lithium-ion 48 volt tambahan, sedangkan hybrid Grand Firano milik Yamaha hanya hibridisasi dengan baterai timbal untuk mesin, namun belum diumumkan berapa powernya.

Hibrida Yamaha dianggap mudah untuk diterapkan ke model lain serta menjadi lebih unggul dalam biaya pengembangan karena lebih mudah diaplikasikan kedalam model lain.

Konsep Mesin Hybrid Motor Yamaha. (youngmachine.com)

Seperti mesin "blue core" Yamaha, kelak teknologi ini akan diterapkan untuk pengembangan yang lebih luas.

Itulah perbedaan sistem hybrid pada Honda PCX Hybrid dan Yamaha Grand Vilano.

BACA SELANJUTNYA

Aksi Arogan Pemobil Honda Mobilio di Jalan, Ngajak Ribut Sopir Bus TransJakarta Sampai Gampar Kepala