Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal : Rabu, 08 Agustus 2018 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Dinamika perkembangan teknologi selalu mengalami kemajuan setiap tahunnya. Riset untuk menemukan mesin ideal dengan tenaga maksimal namun irit bahan bakar terus dilakukan, dan untuk sekarang waktunya mesin hybrid!

Namun apa itu mesin hybrid? Berikut ulasannya...

1. Perkenalan

Yamaha Grand Filano Hybrid


Melambungnya harga minyak tentu membuat produsen kendaraan untuk berinovasi, bagaimana cara membuat kendaraan yang irit bahan bakar namun tetap memiliki tenaga yang dapat diandalkan, lalu muncullah konsep mesin hybrid.

Mesin hybrid adalah mesin yang mengkombinasikan mesin dengan bahan bakar minyak dan mesin dengan bahan bakar listrik.

2. Berawal dari Mobil

Eden Hazard di samping mobil Audi R8 V10 miliknya


Tren perubahan teknologi pada sepeda motor sebenarnya bisa dilihat dari kemajuan teknologi pada mobil. Setelah tren mobil dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi pada tahun 2000-an silam, tren ini lalu diikuti oleh sepeda motor dengan mengaplikasikan sistem injeksi.

Begitu juga dengan hybrid. Bermula dari munculnya satu-persatu mobil hybrid dari berbagai produsen, akhirnya langkah ini juga di ikuti oleh produsen sepeda motor.

3. Cara kerja mesin

Ilustrasi Mesin Motor Ducati/pxhere.com


Walaupun secara umum setiap produsen memiliki berbagai tipe mesin hybrid. Namun secara umum cara kerja mesin hybrid memiliki kesamaan.

Seperti pada mesin konvensional lainnya, di mana mesin digerakkan dengan adanya pembakaran bahan bakar, namun pada mesin hybrid tenaga atau energi kinetik yang dihasilkan mesin berbahan bakar minyak akan dikonversi oleh generator untuk menjadi tenaga pada mesin listrik.

Hal ini berguna jika saat mesin konvensional memerlukan tenaga tambahan maka mereka akan membakar bahan bakar ekstra sehingga lebih boros, namun pada mobil hybrid, tenaga tambahan ini diperoleh dari motor listrik. Sehingga konsumsi bahan bakar akan jauh lebih efisien.

Bagaimana, tertarik untuk memiliki motor dengan mesin hybrid? Setelah launching Honda PCX Hybrid dan Yamaha Grand Vilano Hybrid, tentu diprediksikan teknologi ini akan lebih jamak ditemukan dijalan.

BACA SELANJUTNYA

Mau Mudik Pakai Motor? Periksa Bagian Ini Sebelum Berangkat