Selasa, 30 April 2024
Gagah Radhitya Widiaseno : Kamis, 18 Januari 2024 | 17:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Kehadiran bagasi mobil membuat pemobil akan terbantu. Pasalnya, bagasi mobil digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang bawaan pemobil dan penumpang.

Bagasi di setiap mobil memiliki dimensi yang berbeda-beda, mulai yang sempit hingga lega. Jika pemobil memiliki bagasi sempit, ada solusi yang bisa dilakukan yakni membeli bagasi mobil tambahan.

Pemobil bisa membeli bagasi tambahan di beberapa toko aksesoris roda empat baik online maupun offline. Namun sebelum membeli, pemobil harus mengenal jenis-jenis bagasi agar nantinya tidak salah pilih.

Berikut beberapa jenis bagasi mobil dilansir dari Daihatsu Indonesia:

1. Roof Bag

Roof bag pada mobil (Tokopedia)

Bagasi ini memiliki bentuk mirip dengan tas. Namun dimensinya tentunya lebih besar ketimbang tas punggung ataupun koper.

Biasanya bagasi jenis ini terbuat dari bahan lunak, seperti dari parasut sehingga untuk penyimpanan bisa lebih mudah saat tidak digunakan.

Tetapi roof bag ini memiliki kelemahan salah satunya yakni tidak tahan air dan paparan sinar matahari.

2. Roof Box

Bagasi jenis ini memiliki ketahanan lebih ketimbang roof bag. Roof Box ini terbuat dari bahan plastik sehingga bisa melindungi barang dari paparan sinar matahari ataupun air hujan.

Kelebihan lainnya adalah mudah dibongkar dan dipasang kembali, jadi saat tidak dibutuhkan bisa dibongkar, dan dipasang ketika dibutuhkan. Selain itu, pemasangan roof box termasuk mudah, sebab tak perlu membuat lubang di atap mobil, Anda tinggal jepitkan saja di antara atap dan pintu.

3. Roof Rack

Roof rack ini terbuat dari bahan metal keras sehingga kokoh dalam penempatannya.

Jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya, jenis ini lebih terbuka, sehingga ada baiknya untuk tidak meletakan barang yang dapat rusak jika terkena air atau matahari.

Yang terpenting, pemobil harus paham mengenai muatan yang bisa diletakkan pada bagasi ini. Jika kelebihan muatan, tentunya bisa membuat atap rusak.

4. Roof Basket

Roof basket (Subaruonlineparts)

Bagasi jenis ini mirip dengan roof rack namun bedanya terdapat jaring. Sehingga bisa mudah untuk disesuaikan kebutuhan, misal pemobil dapat menambahkan terpal sebagai pelindung barang bawaan dari panas dan hujan.

5. Bags Carrier

Dari keempat bagasi di atas, bags carriers ini sedikit berbeda. Bags Carrier ini diletakkan pada bagian belakang mobil.

Jadi untuk pemobil yang tak ingin meletakkan barang di atap mobil, bisa memilih ini.

Untuk tampilan dan bahan yang digunakan bags carrier ini hampir mirip seperti roof bag, hanya peletakan saja yang berbeda.

BACA SELANJUTNYA

Ban Mobil: Si Mungil Penting Penentu Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara