Selasa, 30 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 14 November 2023 | 20:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Mobil adalah salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Namun, tidak semua orang memiliki waktu atau kesempatan untuk merawat mobil mereka dengan baik. Apa saja efeknya jika mobil sering kehujanan dan jarang dicuci?

Salah satu efeknya adalah mobil akan mudah berkarat. Air hujan mengandung zat-zat kimia yang bisa merusak cat dan lapisan pelindung mobil. Jika dibiarkan terlalu lama, air hujan bisa masuk ke dalam celah-celah dan menyebabkan karat. Karat tidak hanya merusak penampilan mobil, tetapi juga mengurangi kekuatan dan kinerja komponen-komponen mobil.

Selain itu, mobil yang jarang dicuci juga akan menjadi sarang kotoran dan mikroorganisme. Debu, pasir, lumpur, daun, dan kotoran lainnya bisa menempel di permukaan mobil dan menyumbat saluran udara, radiator, dan knalpot. Kotoran ini juga bisa menjadi media pertumbuhan jamur, bakteri, dan kutu yang bisa menimbulkan bau tidak sedap dan alergi bagi pengemudi dan penumpang.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan mobil secara rutin dan menyeluruh. Membersihkan mobil tidak hanya membuatnya tampak lebih bersih dan kinclong, tetapi juga menjaga kesehatan dan keselamatan pengguna mobil. Membersihkan mobil juga bisa menghemat biaya perawatan dan perbaikan mobil di masa depan. Jadi, jangan malas untuk mencuci mobil Anda setidaknya seminggu sekali atau setelah terkena hujan.

BACA SELANJUTNYA

Musuh Bebuyutan Pengendara Motor di Musim Hujan: Kaca Helm Berembun? Taklukkan dengan Tips Jitu Ini!