Kamis, 13 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 25 Oktober 2023 | 07:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Memperbesar ukuran ban dan velg pada mobil adalah salah satu cara untuk meningkatkan tampilan dan performa kendaraan. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengganti ban dan velg standar dengan yang lebih besar, ada baiknya Anda mengetahui apa saja efek yang mungkin terjadi akibat perubahan tersebut.

Efek pertama yang akan Anda rasakan adalah perbedaan pada handling atau kemampuan mengendalikan mobil. Dengan ban dan velg yang lebih besar, mobil akan memiliki kontak yang lebih luas dengan permukaan jalan, sehingga meningkatkan traksi dan stabilitas. Hal ini tentu saja menguntungkan jika Anda sering berkendara di jalan yang licin atau berkelok-kelok.

Namun, efek lainnya adalah meningkatnya beban pada sistem suspensi, rem, dan mesin. Ban dan velg yang lebih besar biasanya memiliki berat yang lebih berat juga, sehingga membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menggerakkannya. Akibatnya, suspensi akan lebih cepat aus, rem akan lebih cepat panas, dan mesin akan lebih boros bahan bakar.

Selain itu, memperbesar ukuran ban dan velg juga dapat mempengaruhi akurasi speedometer dan odometer. Karena diameter ban menjadi lebih besar, jarak tempuh per putaran ban menjadi lebih panjang juga. Hal ini berarti bahwa speedometer akan menunjukkan kecepatan yang lebih rendah dari kecepatan sebenarnya, dan odometer akan mencatat jarak yang lebih pendek dari jarak sebenarnya.

Oleh karena itu, sebelum Anda memperbesar ukuran ban dan velg pada mobil Anda, ada baiknya Anda melakukan konsultasi dengan ahli atau bengkel terpercaya. Mereka dapat memberikan saran tentang ukuran ban dan velg yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda, serta melakukan penyesuaian pada sistem elektronik jika diperlukan. Dengan begitu, Anda dapat menikmati manfaat dari ban dan velg yang lebih besar tanpa mengorbankan kenyamanan dan keamanan berkendara.

BACA SELANJUTNYA

Mobil Tetap Prima Meski Jarang Dipakai: Tips dan Trik yang Harus Anda Ketahui!