Jum'at, 14 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 18 Oktober 2023 | 20:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Ban mobil adalah salah satu komponen penting yang harus selalu diperhatikan kondisinya. Ban yang aus atau rusak dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti kecelakaan, bocor, pecah, atau bahkan meledak. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui kapan saatnya mengganti ban mobil Anda dengan yang baru.

Ada beberapa patokan yang bisa Anda gunakan untuk menentukan apakah ban mobil Anda sudah harus diganti atau belum. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1.Ketebalan tapak ban

Tapak ban adalah bagian ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Tapak ban yang tebal akan memberikan traksi dan stabilitas yang baik saat berkendara. Sebaliknya, tapak ban yang tipis akan membuat ban mudah selip, terutama saat hujan atau di jalan licin.

Untuk mengukur ketebalan tapak ban, Anda bisa menggunakan alat khusus yang disebut tread depth gauge, atau menggunakan koin sebagai pengganti. Jika ketebalan tapak ban kurang dari 1,6 mm, maka itu artinya ban sudah harus diganti.

2. Usia ban

Selain ketebalan tapak, usia ban juga menjadi faktor penting yang mempengaruhi performa dan keamanan ban. Ban yang sudah terlalu tua akan mengalami kerusakan pada karet dan struktur internalnya, sehingga rentan bocor, pecah, atau meledak. Umumnya, usia maksimal ban adalah sekitar 5 tahun, tergantung dari frekuensi penggunaan dan perawatan yang dilakukan.

Anda bisa mengecek usia ban dengan melihat kode DOT (Department of Transportation) yang tertera pada sisi ban. Kode ini terdiri dari empat angka, yang menunjukkan minggu dan tahun pembuatan ban. Misalnya, kode 3219 berarti ban dibuat pada minggu ke-32 tahun 2019.

3. Kerusakan fisik

Patokan lain yang bisa Anda gunakan untuk mengganti ban adalah adanya kerusakan fisik pada ban, seperti sobekan, retak, benjol, atau benda asing yang menancap.

Kerusakan fisik ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti benda tajam di jalan, benturan dengan trotoar atau lubang, tekanan angin yang tidak sesuai, atau pemasangan yang tidak benar.

Kerusakan fisik ini dapat mengurangi daya tahan dan keamanan ban, serta meningkatkan risiko kecelakaan. Jika Anda menemukan kerusakan fisik pada ban Anda, segera ganti dengan yang baru.

Ban mobil adalah bagian yang sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara Anda. Jangan biarkan ban Anda aus atau rusak hingga membahayakan diri Anda dan orang lain.

Perhatikan patokan-patokan di atas untuk mengetahui kapan saatnya mengganti ban mobil Anda dengan yang baru.

BACA SELANJUTNYA

Begini Cara Menjaga agar Ban Motor Tidak Lapuk