Senin, 15 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 08 Oktober 2023 | 18:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Kaca film mobil adalah salah satu aksesori yang sering dipasang oleh pemilik mobil untuk melindungi kabin dari panas matahari, sinar UV, dan pandangan orang lain. Namun, memilih kaca film mobil yang tepat tidaklah mudah, karena ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti ketebalan, tingkat kegelapan, kualitas, dan harga. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda memilih kaca film mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

1. Sesuaikan dengan peraturan pemerintah. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan peraturan mengenai batas maksimal tingkat kegelapan kaca film mobil yang boleh dipasang di jalan raya. 

2. Pertimbangkan kondisi berkendara malam hari. Salah satu alasan orang memasang kaca film mobil adalah untuk mengurangi silau dari lampu kendaraan lain saat berkendara malam hari. Namun, jika kaca film mobil terlalu gelap, hal ini juga bisa mengganggu penglihatan Anda saat berkendara di malam hari, terutama jika jalan yang Anda lewati kurang terang atau berkelok-kelok. Oleh karena itu, pilihlah kaca film mobil yang tidak terlalu gelap, tetapi masih bisa menghalau silau dari lampu kendaraan lain. Anda juga bisa memilih kaca film mobil yang memiliki lapisan anti silau atau anti refleksi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara malam hari.

3. Pilih kualitas dan merek yang terjamin. Kualitas dan merek kaca film mobil sangat berpengaruh pada daya tahan, fungsi, dan estetika kaca film mobil itu sendiri. Kaca film mobil yang berkualitas biasanya memiliki lapisan pelindung dari goresan, debu, air, dan sinar UV, sehingga tidak mudah rusak atau pudar. Selain itu, kaca film mobil yang berkualitas juga memiliki daya rekat yang baik, sehingga tidak mudah menggelembung atau terkelupas. Anda bisa memilih merek kaca film mobil yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik di pasaran, seperti 3M, V-Kool, Solar Gard, atau Llumar.

4. Sesuaikan dengan anggaran dan selera Anda. Harga kaca film mobil bervariasi tergantung pada ketebalan, tingkat kegelapan, kualitas, dan mereknya. Semakin tebal, gelap, berkualitas, dan terkenal mereknya, semakin mahal harganya. Namun, harga bukanlah segalanya. Anda juga harus mempertimbangkan selera Anda dalam memilih kaca film mobil. Apakah Anda lebih suka warna hitam pekat, abu-abu metalik, hijau tosca, atau biru muda? Apakah Anda lebih suka gaya elegan, sporty, atau futuristik? Pilihlah kaca film mobil yang sesuai dengan karakteristik dan gaya mobil Anda.

Demikianlah beberapa tips memilih kaca film mobil biar nggak terlalu gelap saat berkendara malam hari. Semoga bermanfaat!

BACA SELANJUTNYA

Tips Sebelum Mudik: Persiapan Meninggalkan Mobil di Garasi