Selasa, 16 Juli 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 06 Oktober 2023 | 18:42 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang menentukan kenyamanan dan keamanan berkendara. Kaki-kaki mobil terdiri dari beberapa bagian, seperti shock absorber, per, ball joint, tie rod, bushing, dan lain-lain.

Jika salah satu bagian ini mengalami kerusakan, maka akan berdampak pada performa dan stabilitas mobil. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri kaki-kaki mobil bermasalah agar bisa segera melakukan perbaikan atau penggantian.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kaki mobil bermasalah yang perlu Anda waspadai:

- Mobil terasa goyang atau oleng saat melaju di jalan yang tidak rata atau berlubang. Ini menunjukkan bahwa shock absorber sudah tidak berfungsi dengan baik dan tidak mampu meredam getaran yang ditimbulkan oleh permukaan jalan.
- Mobil terasa berat saat berbelok atau bermanuver. Ini menunjukkan bahwa ball joint atau tie rod sudah aus atau longgar dan tidak mampu menjaga sudut kemudi yang sesuai dengan arah putaran roda.
- Mobil mengeluarkan suara berdecit, berdentum, atau bergesekan saat berjalan atau berbelok. Ini menunjukkan bahwa per, bushing, atau komponen lainnya sudah aus atau rusak dan menyebabkan gesekan antara logam dengan logam.
- Mobil terasa kurang stabil atau mudah tergelincir saat melaju di jalan yang licin atau basah. Ini menunjukkan bahwa ban sudah aus atau tidak memiliki grip yang cukup dengan permukaan jalan.

Jika Anda menemukan salah satu atau beberapa ciri-ciri di atas, sebaiknya segera periksa kondisi kaki-kaki mobil Anda ke bengkel terpercaya. Jangan biarkan kaki-kaki mobil bermasalah terlalu lama karena bisa membahayakan keselamatan Anda dan orang lain di jalan.

Selain itu, kaki-kaki mobil yang bermasalah juga bisa memperpendek umur komponen lainnya, seperti rem, kopling, transmisi, dan mesin. Dengan melakukan perawatan rutin dan tepat waktu, Anda bisa menjaga kaki-kaki mobil Anda tetap prima dan nyaman digunakan.

BACA SELANJUTNYA

Tips Jitu Memilih Pengharum Mobil yang Tahan Lama dan Bikin Nyaman