Jum'at, 19 Juli 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 27 September 2023 | 15:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang cerdas dan hemat, asalkan Anda tahu apa yang harus diperhatikan.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda periksa sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Berikut adalah lima hal pertama yang harus diperbaiki saat beli mobil bekas:

1. Ban

Ban adalah salah satu komponen yang paling mudah aus dan rusak pada mobil. Periksa kondisi ban, termasuk tekanan angin, ketebalan kembang, dan keausan yang tidak merata. Jika ban sudah tipis atau bocor, segera ganti dengan yang baru. Ban yang baik akan meningkatkan performa, kenyamanan, dan keamanan berkendara Anda.

2. Rem

Rem adalah sistem keselamatan yang sangat vital pada mobil. Periksa kondisi kampas rem, cakram rem, selang rem, dan cairan rem. Jika ada yang aus, bocor, atau berkarat, segera lakukan perbaikan atau penggantian. Rem yang baik akan memberikan respons yang cepat dan akurat saat Anda menginjak pedal rem.

3. Aki

Aki adalah sumber daya listrik pada mobil. Periksa kondisi aki, termasuk tegangan, kapasitas, dan usia. Jika aki sudah lemah atau tua, segera ganti dengan yang baru. Aki yang baik akan memberikan daya yang cukup untuk menyalakan mesin, lampu, klakson, dan sistem elektronik lainnya pada mobil.

4. Oli mesin

Oli mesin adalah pelumas yang menjaga mesin tetap bersih dan bekerja dengan optimal. Periksa kadar dan kualitas oli mesin, termasuk warna, kekentalan, dan kebersihan. Jika oli mesin sudah kotor atau berkurang, segera lakukan penggantian atau penambahan. Oli mesin yang baik akan melindungi mesin dari gesekan, panas, dan karat.

5. Filter udara

Filter udara adalah alat yang menyaring udara masuk ke dalam ruang bakar mesin. Periksa kondisi filter udara, termasuk kebersihan, kerusakan, dan penyumbatan. Jika filter udara sudah kotor atau rusak, segera bersihkan atau ganti dengan yang baru. Filter udara yang baik akan meningkatkan efisiensi bahan bakar, tenaga mesin, dan emisi gas buang.

BACA SELANJUTNYA

Wujudkan Impian Mobil dengan Kredit Cerdas, Ini Panduan Lengkap untuk Pemula