Minggu, 28 November 2021
Gagah Radhitya Widiaseno : Kamis, 04 November 2021 | 19:15 WIB

Mobimoto.com - Mitsubishi Pajero Sport yang ditunggangi artis Vanessa Angel dan suaminya mengalami kecelakaan hebat. Hal ini menyebabkan mereka meninggal dunia.

Insiden kecelakaan ini terjadi di Tol Nganjuk arah Surabaya, disebutkan bahwa Vanessa Angel terpental keluar kendaraan. Diduga karena tidak menggunakan sabuk pengaman.

Terjadinya kecelakaan tentu saja bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Namun dari sisi pabrikan mobil tentu sudah membekali dengan berbagai fitur keselamatan.

Mitsubishi Pajero Sport sendiri sudah dibekali beberapa fitur keselamatan yang cukup lengkap dan canggih.

Dilansir dari Mitsubishi Motors, Pajero Sport Ultimate memiliki fitur keselamatan yang relatif lengkap seperti Forward Collision Mitigation (FCM), Hill Descent Control (HDC), Blind Spot Warning (BSW), Adaptive Cruise Control (ACC), Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System (UMS), 7 SRS Airbags serta Passenger Airbag Indicator.

Kondisi Mitsubishi Pajero Sport yang diduga dikendarai Vanessa Angel (Twitter)

Selain itu, di dekat tombol power window terdapat tombol Central Door Lock dan tombol Power Window switch dengan iluminasi yang akan berpendar ketika lampu dinyalakan, agar pengemudi mudah menemukan tombol-tombol ini di malam hari.

Fitur keselamatan dan hiburan yang tersedia pada Pajero Ultimate di antaranya:

Roof Spoiler

Bila sebelumnya bagian atap belakang tidak ada Roof Spoiler, maka pada Pajero Dakar Ultimate disematkan Roof Spoiler yang tentunya meningkatkan aspek estetika kendaraan serta meningkatkan keamanan penumpang karena dengan adanya Roof Spoiler handling atau pengendalian kendaraan akan menjadi lebih baik.

Roof Monitor

Berbeda dengan Pajero Dakar biasa dimana ada Sunroof, pada Pajero Dakar Ultimate Sunroof diganti dengan Roof Monitor yang terpisah dengan head unit di depan yang juga dilengkapi dengan 2 buah Wireless Headset dan Remote sehingga penumpang di baris kedua dan ketiga bisa menikmati hiburan selama perjalanan.

Iluminasi tombol

Di pajero dakar ultimate semua tombol di sisi pengemudi ikut menyala ketika lampu dinyalakan untuk memudahkan pengemudi menemukan tombol-tombol dengan mudah di malam hari.

Hand Grip

Di Pajero Dakar Ultimate, pengemudi bisa memegang handle yang terletak di atas kepala pengemudi.

MID menampilkan indikator pintu terbuka secara 3D.

Pada MID Pajero Dakar Ultimate, indikator pintu yang masih terbuka secara 3 dimensi akan terlihat jika memang terdapat pintu yang tidak tertutup rapat.

Tujuh Airbags

Di varian Pajero Dakar Ultimate, terdapat 7 airbags untuk meningkatkan aspek keselamatan seluruh penumpang.

Forward Collision Mitigation System (FCM)

Ketika tombol FCM diaktifkan, fitur ini akan memberi alarm kepada pengemudi jika terdapat potensi tabrakan dengan kendaraan di depan lalu secara otomatis akan mengerem dengan sendirinya untuk meminimalisir dampak tabrakan.

Blind Spot Warning

Fitur ini akan membuat spion berkedip ketika mendeteksi kendaraan lain di area blind spot saat kita akan berpindah jalur.

Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMMS)

Fitur ini secara otomatis akan mencegah mobil maju atau mundur ketika sensor parkir di depan dan belakang mobil mendeteksi ada obyek. Fitur ini sangat berguna saat pengemudi menginjak pedal gas secara tidak sengaja atau secara panik.

Adaptive Cruise Control (ACC)

Fitur ini bukan Cruise Control biasa karena tidak hanya membuat mobil bisa melaju dengan kecepatan stabil, melainkan juga bisa menurunkan kecepatan ketika kendaraan di depan menurunkan kecepatan dan tentunya akan kembali meningkatkan kecepatan saat mobil di depan meningkatkan kecepatan.

BACA SELANJUTNYA

Terciduk KPK, Koleksi Kendaraan Menteri Kelautan Edhy Prabowo Cuma Segini