Minggu, 17 Oktober 2021
Rendy Adrikni Sadikin : Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:09 WIB

Mobimoto.com - Mobil Peugeot merupakan merek mobil asal Prancis yang berawal dari produsen alat perkakas seperti gergaji, tukang baja, hingga pegas. Seiring berjalannya waktu, karena kesuksesan yang dimiliki, perusahaan milik keluarga ini berkembang dan menjadi produsen alat penggiling kopi serta alat dapur lainnya. Mobil Peugeot pertama kali hadir tahun 1889 dengan mobil uapnya, yang kemudian berkembang menjadi mobil mesin.

Mobil Peugeot pertama kali menjajaki pasar mobil Indonesia bermulai pada tahun 1970-an dan saat ini merupakan bagian dari PT Astra International. Meskipun masih jarang masyarakat Indonesia yang melirik mobil asal Prancis ini, mobil Peugeot memiliki nama serta ketenarannya sendiri di luar negeri. Bahkan, mobil Peugeot banyak menerima penghargaan internasional seperti penghargaan European Car of the Year.

Lalu, apa saja fakta serta sejarah dari mobil Peugeot, ya? Yuk, disimak penjelasan berikut ini!

Permulaan Mobil Peugeot

Perusahaan mobil dengan logo singa ini pertama kali dikenalkan ke khalayak publik pada tahun 1858. Pada tahun 1886, Peugeot mulai menjajaki moda transportasi selain sebagai produsen peralatan dapur dan perkakas. Moda transportasi yang pertama kali diperkenalkan oleh Peugeot yaitu sepeda yang memiliki fitur unik, yaitu dengan konsep sebuah roda besar dan sebuah roda kecil.

Kemudian pada tahun 1889, mobil pertama Peugeot hadir dengan konsep mobil beroda tiga dengan sumber tenaga dari uap. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, pada tahun 1890 Peugeot merilis mobil roda empat pertamanya dengan merek Peugeot dan telah menggunakan mesin dengan sumber tenaga dari bensin.

Saat itu, mesin yang digunakan merupakan mesin dengan kapasitas sebesar 563 cc. mobil pertama Peugeot pada 1891 akhirnya diproduksi secara massal setelah melewati proses penyempurnaan, sehingga secara resmi Peugeot hadir sebagai perusahaan otomotif Peugeot.

Pengusung Mobil dengan Karet Ban

Perusahaan otomotif pertama yang mengusung penggunaan karet sebagai bahan dasar ban mobil pada mobil beroda empat adalah Peugeot. Hal ini pertama kali dilakukan pada tahun 1985, yang menyebabkan penjualan mobil Peugeot semakin meningkat dan menjadi popular di mancanegara.

Mobil dengan karet ban dianggap sebagai mobil yang nyaman saat dikendarai, meskipun sedang melewati jalanan tidak rata sekalipun. Karena kepopulerannya, perusahaan mobil Peugeot berhasil menjadi bagian dari Reli Paris-Brest-Paris.

Pencetus Teknologi ECF Pertama

Seiring dengan kepopuleran mobil produk perusahaan Peugeot, perusahaan ini hingga akhirnya mulai menjalin kerja sama dengan pihak lain, salah satu dengan Pininfarina, pada tahun 1955. Perusahaan Peugeot mulai memproduksi mobil dengan desain menarik, dan menjadi perusahaan otomotif pertama yang mengembangkan teknologi Electromagnetic Clutch Fan, yaitu teknologi untuk menurunkan suhu mesin yang ada pada mobil. Hal ini menjadikan perusahaan Peugeot sebagai perusahaan otomotif pertama yang mengadopsi teknologi ini.

Mobil produksi perusahaan Peugeot semakin diakui keberadaannya di pasaran Eropa. Hingga pada akhirnya di tahun 1969, perusahaan Peugeot mencapai puncak kejayaannya dengan meraih penghargaan European Car of The Year, dengan memproduksi mobil seri Peugeot 504 yang berhasil diproduksi dalam waktu kurun waktu yang lama, hingga tahun 2006. Mobil Peugeot seri 504 merupakan mobil dengan desain mobil sedan dan berhasil terjual sebanyak 3,7 juta unit selama masa produksi.

Diakui Sebagai Mobil Terbaik di Prancis

Berkat prestasi yang didapatkan oleh perusahaan Peugeot sebagai perusahaan otomotif, Peugeot berhasil menjadi mobil terbaik di Prancis berkisar pada tahun 1986-1987. Selama masa jayanya, hampir semua orang Prancis pada masa itu memiliki mobil Peugeot, dan Peugeot menjadi kendaraan yang paling banyak diekspor kala itu. Pada masa-masa itu pula mobil Peugeot sudah berhasil memproduksi mobil sedan dengan desain menarik sehingga menjadikannya semakin tenar.

Lebih Dulu Memiliki Mobil Bertenaga Listrik

Pada tahun 1941, perusahaan Peugeot telah memproduksi mobil bertenaga listrik, jauh sebelum mobil bertenaga listrik saat ini menjadi popular. Mobil bertenaga listrik ini diproduksi setelah Peugeot berhasil membuat mobil bertenaga mesin diesel pada tahun 1936.

Logo Selalu Diperbaharui

Telah berdiri selama 200 tahun lamanya, logo dari perusahaan Peugeot dengan ciri khas Singa selalu diperbaharui menjadi lebih modern hingga saat ini. Logo mobil Peugeot mengalami pembaharuan terakhir pada tahun 2010, yang bisa Anda lihat saat ini. Pada awal mulanya, logo ini mulai diperkenalkan pada abad ke-19 dan merupakan hasil rancangan seorang ahli perhiasan.

Begitulah penjelasan terkait sejarah serta fakta-fakta menarik dari mobil Peugeot. Apabila Anda memiliki ketertarikan untuk membeli mobil Peugeot, mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 500-an Juta yang tentunya harga spesial ini hanya dapat Anda temukan di Blibli. Blibli menawarkan harga mobil Peugeot terbaik, yang tentunya berkualitas dengan harga bersaing dibandingkan dengan platform e-commerce lainnya.

Ada berbagai tipe mobil Peugeot ditawarkan pada laman Blibli yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera masing-masing. Selain itu, apabila Anda membeli Peugeot di Blibli, aka nada banyak disko serta promo-promo menarik lainnya yang telah menanti. Jadi, tunggu apalagi? Segera cek Blibli sekarang untuk mendapatkan mobil Peugeot impian Anda!

BACA SELANJUTNYA

Tak Perlu Ribet, CARRO Hadirkan Layanan Baru untuk Konsumen Tanah Air