Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 05 Oktober 2021 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Tesla telah disebutkan dalam gugatan yang diajukan tujuh bulan setelah kecelakaan yang diklaim telah melukai lima petugas polisi di Splendora, Montgomery County, Texas.

Dilansir dari Carscoops, para petugas, melalui Firma Hukum Buzbee dan PC Muery & Ferrell, menuduh bahwa Tesla belum berbuat cukup untuk mengatasi kelemahan mendasar dalam sistem bantuan pengemudi canggih "Autopilot".

Gugatan tersebut menyatakan bahwa lima petugas terluka saat mereka melakukan penggeledahan narkoba di kendaraan yang mereka hentikan di sisi Eastex Freeway dan mengklaim bahwa semuanya terluka parah.

“Karena cacat desain dan manufaktur yang diketahui Tesla, kegagalan Tesla untuk secara memadai memperingatkan cacat tersebut, dan keengganan Tesla untuk mengakui atau memperbaiki cacat tersebut, autopilot dan fitur keselamatan sistem Tesla gagal mendeteksi mobil petugas atau berfungsi di cara untuk menghindari atau memperingatkan bahaya dan kecelakaan berikutnya,” tulis pengacara dalam gugatan itu.

Tesla Roadster yang baru bisa dimiliki konsumen mulai 2023 [Tesla via ANTARA].

Seorang pengacara yang mewakili petugas, Tony Buzbee, mengatakan bahwa kecelakaan seperti ini telah terjadi di seluruh negeri. Memang, polisi Florida baru-baru ini merilis rekaman kecelakaan serupa yang terjadi pada akhir Agustus.

“Setelah penelitian, apa yang kami temukan adalah, ini terjadi di seluruh negeri," Buzbee mengatakan kepada KPRC 2 News Houston.

“Bahkan, pemerintah baru-baru ini, berbicara tentang dalam 30-60 hari terakhir, telah meminta Tesla untuk menyerahkan informasi mengenai setiap kecelakaan yang terjadi yang melibatkan Tesla secara autopilot yang juga melibatkan petugas polisi.”

Tesla dilaporkan telah menambahkan kemampuan untuk mengenali dan memperlambat lampu kendaraan darurat tetapi sedang diselidiki oleh otoritas federal untuk keamanan fitur autopilot-nya. Yang lain mengklaim bahwa sistem itu menyesatkan konsumen.

“Anda mungkin pernah melihat bahwa Elon Musk dan Tesla dengan bangga memuji Tesla dengan autopilot lebih aman daripada pengemudi sehari-hari Anda, bahwa Tesla dengan autopilot memiliki lebih sedikit kecelakaan daripada sebaliknya. Tetapi apa yang kami pelajari adalah bahwa informasi ini menyesatkan,” lanjut Buzbee.

BACA SELANJUTNYA

Musim Hujan Tiba, Siap Meluncur Aman Gunakan Mobil di Jalanan Basah?