Jum'at, 19 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Minggu, 06 Desember 2020 | 12:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sebagai kendaraan yang diprioritaskan, sudah selayaknya para pengguna jalan untuk memberi membuka ruang agar ambulans bisa mudah melenggang.

Walaupun demikian, di Tanah Air, pengguna media sosial kerap disuguhi dengan adanya foto ataupun video yang memperlihatkan keengganan pengendara untuk buka jalan demi kendaraan darurat.

Hal tersebut kontras dengan aksi pemobil Jerman, seperti yang terlihat pada video yang satu ini.

Dalam video tersebut terlihat kondisi jalanan yang sangat padat dengan kendaraan. Namun mereka secara kompak bisa sejenak menepi ketika ada ambulans melintas.

Video tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama German Life, awal November silam dan kini mulai beradar di kalangan pengguna media sosial di Tanah Air.

Aksi pemobil Jerman bikin salut. (Facebook)

*Untuk menuju video terkait, klik di sini.

Dengan kekompakan yang bikin heran, video ini pun memantik beragam respons jenaka warganet seperti pada beberapa komentar berikut ini.

"Di indonesiyah mbah..di belakang ambulance nya pasti banyak romli mbah.... Romli is rombongan liar," tulis Suparjo Sukamto Suwignyo.

"Kalo di Indonesia bisa gitu, saya libur makan mi instan seminggu," kata Hafidz Muhammad Wildan.

"Bukan budaya kita. Pertahankan kearifan lokal kita," celetuk Chechev Gorbachev.

Padahal di Indonesia terdapat aturan berupa Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang meregulasi tentanghal tersebut. Pengendara yang tak memberikan jalan untuk kendaraan prioritas bisa kena hukuman kurungan.

BACA SELANJUTNYA

Ancaman di Jalan, 5 Penyebab Ban Mobil Pecah yang Harus Diwaspadai