Jum'at, 19 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 10 Juli 2020 | 08:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sebuah perguruan tinggi asal Amerika Serikat, Universitas Princeton kini tengah melakukan riset teknologi radar yang kelak bakal dijejalkan pada mobil.

Sistem yang digunakan adalah radar Doppler yang memantulkan gelombang ke permukaan bangunan dan banyak objek lainnya di sekitar jalan.

Dilansir dari Visordown, sistem ini mampu melacak adanya pesepeda, pejalan kaki, motor, bahkan kuda.

Professor Felix Heide, selaku asisten bidang IT di universitas tersebut mengatakan bahwa sistem ini bakal membuat para pemotor makin aman, bahkan di tikungan tajam yang sarat akan titik buta.

Radar mobil. (visordown.com)

“Kami telah menguji pengendara sepeda dengan sukses, sehingga pengendara sepeda motor dan pengendara skuter juga akan mudah dideteksi oleh sistem kami,” katanya.

“Sistem ini akan memungkinkan mobil untuk melihat objek yang tidak dapat direkam oleh sensor kenovensional dan kamera saat ini, misalnya, memungkinkan kendaraan yang dapat menyetir sendiri untuk melihat di sekitar persimpangan yang berbahaya,” tutur Felix.

Fangyin Wei, salah satu penulis utama studi ini, mengatakan komputer yang menjalankan sistem harus belajar mengenali pengendara sepeda dan pejalan kaki dari sejumlah kecil data.

"Pertama-tama kita harus mendeteksi apakah ada sesuatu di sana. Jika ada sesuatu di sana, apakah itu penting? Apakah itu pengendara sepeda atau pejalan kaki? "Kalau begitu kita harus menemukannya," pungkas Wei.

BACA SELANJUTNYA

Efek Terlambat Ganti Oli Mobil: Ancaman Tersembunyi yang Menguras Dompet