Jum'at, 19 April 2024
Irwan Febri Rialdi | Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 19 Juni 2020 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Sejak 1964, Volkswagen mulai menguasai sedikit demi sedikit produsen mobil asal Jerman, Audi. Saat itu VW Group memulai dengan memegang 50 persen saham, yang lama-lama menjadi 99,64 persen kepemilikan tahun ini.

Dilansir dari Motor1, Volkswagen dikabarkan bakal membeli secara penuh Audi. Dengan ini otomatis VW Group punya kendali penuh terhadap pembuat mobil mewah tersebut, tetapi dengan syarat khusus.

"Volkswagen AG telah mengumumkan bahwa penyelesaian tunai akan dibayarkan kepada pemegang saham minoritas dengan imbalan pengalihan saham berupa 1.551,53 euro per saham Audi AG," kata VW dalam sebuah pernyataan dikutip dari Motor1.

Audi A6 berbahan bakar bensin [Audi via ANTARA Foto].

Harga saham Audi tercatat berada di 1.050 euro atau sekitar Rp 16,7 juta. VW Group akan membeli ini seharga 1.551,53 euro atau kisaran Rp 24,7 jutaan.

Dengan 152.749 saham Audi AG yang beredar, seluruh pembelian akan menelan biaya 237 juta euro (3,7 triliun rupiah). Transfer resmi diharapkan terjadi pada bulan Juli atau Agustus pada pertemuan umum tahunan Audi.

Ada banyak gerakan yang terjadi pada VW Group. Salah satu laporan terbaru menyebutkan bahwa CEO Porsche, Oliver Blume bakal ditugasi menjadi pimpinan Volkswagen, sementara pemegang posisi sebelumnya, Herbert Diess, mengundurkan diri sebagai kepala VW tetapi akan tetap menjadi ketua Grup VW.

BACA SELANJUTNYA

Tips Merawat Bodi Mobil Warna Hitam, Begini Perlakuannya