Sabtu, 20 April 2024
Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus : Selasa, 28 April 2020 | 10:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Ada-ada saja ide nyeleneh untuk memodifikasi sebuah mobil. Seperti salah satunya yang menimpa sebuah mobil dengan jenis SUV ini.

Terlihat dalam unggahan sebuah video Instagram/@rcspeeding, mobil SUV ini kini bisa jalan sambil 'nungging'. Lihat saja buritan mobil yang terangkat.

Ketika mobil ini dibuat 'nungging', terdengar bunyi 'cess' seperti ada angin yang keluar. Jika dilihat sekilas, mobil ini seperti menggunakan suspensi jenis hidrolik.

Suspensi yang dipopulerkan pabrikan mobil asal Perancis, Citroen ini dapat membuat nungging dan kembali seperti semula dengan cepat.

Sekilas mirip dengan suspensi udara, namun sebenarnya berbeda. Sebab jenis suspensi ini menggunakan empat peredam independen dengan cairan hidrolik.

Cairan tersebut yang kemudian dapat menekan suspensi untuk meninggkan atau menurunkan dengan waktu yang cukup cepat.

Modifikasi mobil SUV pakai suspensi hidraulik.[Instagram/@rcspeeding]

Pengoperasiannya cukup sederhana, setiap damper dapat diberi tekanan hanya dengan beberapa tombol, sehingga dapat bergerak naik atau turun meski mobil tengah melaju sekalipun.

Keuntungan dari suspensi hidrolik salah satunya dapat diatur tinggi rendahnya dengan cepat. Suspensi ini juga sangat responsif dan dapat bereaksi lebih cepat daripada kebanyakan sistem suspensi lainnya.

Namun suspensi ini cenderung lebih keras, sehingga tidak banyak digunakan pada mobil umum. Hanya sebagai ajang modifikasi seperti mobil SUV ini.

Untuk melihat unggahan, silakan klik di sini.

BACA SELANJUTNYA

8 Hasil Modifikasi Mobil yang Menggelitik, Inspirasinya dari Mana, ya?