Rabu, 24 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Kamis, 19 Maret 2020 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Selama ini, alkohol dan sederet barang memabukkan lainnya kerap dituding sebagai salah satu faktor utama yang menjadi penyebab kecelakaan.

Namun rupanya ada yang lebih berbahaya daripada itu. Dilansir dari Visordown, para pengendara mobil kini terancam bahaya yang lebih mematikan.

Tak lain dan tak bukan, bahaya tersebut disebabkan oleh perangkat hiburan yang terdapat di mobil, khususnya perangkat audio visual.

Riset tersebut dipaparkan ke publik oleh IAM RoadSmart, akibat adanya perangkat tersebut, pengemudi kini kerap mengalihkan pandangannya dari jalan raya selama 16 detik.

Tampilan dasbor BMW i4 Concept terlihat mewah dengan aksen emas.[autoblog.com]

Neil Greig, koordinator riset tersebut berujar bahwa faktor ini menjadi penyebab terbesar ketiga kecelakaan di Eropa tiap tahun.

"Pengendara yang salah fokus adalah penyebab kecelakaan terbanyak di Eropa." ungkapnya.

"Adanya Apple CarPlay dan Android Auto membuat pengendara lebih terdistraksi dengan hiburan di mobil. Ini merupakan kabar buruk bagi keamanan jalanan." imbuhnya.

Tak cuma karena faktor audio visual, namun adanya kontrol layar sentuh juga punya imbas besar.

"Kebanyakan partisipan riset mengungkapkan bahwa mereka terdistraksi perangkat layar sentuh, sementara metode kontrol suara merupakan metode yang jauh lebih aman." pungkasnya.

BACA SELANJUTNYA

Tips Merawat Bodi Mobil Warna Hitam, Begini Perlakuannya