Jum'at, 19 April 2024
Angga Roni Priambodo | Hikmawan Muhamad Firdaus : Senin, 16 Maret 2020 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Ban merupakan salah bagian dari sebuah kendaraan yang sangat penting. Ban secara umum terbuat dari karet yang dapat habis seiring berjalannya waktu.

Lantas, mengapa ban itu sendiri memiliki warna hitam? Sedangkan yang kita tahu karet memiliki warna yang cenderung putih.

Dilansir dari laman thenewswheel.com, mengapa ban bisa menjadi hitam karena bahan campuran yakni karbon hitam. Selain karbon bahan dasar lainnya adalah karet alam atau sintetis, kawat, dan masih banyak lagi.

Pencampuran bahan karbon ini juga ada sejarahnya, awalnya ban menggunakan seng oksida. Namun seiring dengan langkanya bahan, tahun 1917 ditambahkanlah karbon pengganti seng oksida.

Ilustrasi Ban Mobil. (pixabay.com)

Tidak disangka, karbon ini justru dapat mebuatnya jadi lebih kuat walaupun berwarna hitam. Dengan karbon ini juga memiliki tekstur dan daya cengkram yang lebih kuat.

Karbon hitam ini juga berfungsi sebagai pelindung karet dari sinar matahari yang dapat membuatnya memudar dan retak.

Menurut data, ban dengan campuran karbon dapat menempuh hingga 40.000 km sedangkan jika tidak ditambahkan hanya sekitar 8.046. Pengujian ini dilakukan pada ban mobil.

Sekarang sudah tahu kan kenapa ban berwarna hitam?

BACA SELANJUTNYA

Jangan Malas, Ini Sederet Bahaya Pakai Ban Gundul di Motor saat Musim Hujan