Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo : Selasa, 11 Februari 2020 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Dalam dunia otomotif, ada dua jenis mesin yang punya 'santapan' berbeda, yaitu mesin biasa yang berbahan bakar bensin dan mesin diesel yang berbahan bakar solar.

Umumnya, kendaraan bermesin biasa lah yang paling banyak ditemukan di jalanan, sementara yang bermesin diesel menjadi minoritas.

Tak heran jika banyak pengendara khususnya mobil yang kadang kurang paham dengan seluk-beluk mobil bermesin diesel hingga dibikin panik.

Seperti itulah kiranya yang terjadi pada seorang pengguna Facebook bernama Randy Ilyas. Ia dibuat panik saat pakai Toyota Fortuner bermesin diesel untuk pertama kalinya.

Hal tersebut ia unggah di sebuah grup Facebook pencinta mobil tua, Selasa (11/2/2020) seperti berikut ini.

Fitur Toyota Fortuner Diesel bikin panik.[Facebook/Motuba]

"Saya pinjem mobil fortuner diesel, pas kontak off mesin gak mati auto panik mbah. Yang pernah panik kaya saya kumpul. sini mbah..," begitu tulisnya.

Ia yang baru pertama menggunakan mobil tersebut ternyata dibikin panik oleh salah satu fitur yang biasa ada pada mobil bermesin diesel turbo. yaitu Turbo Timer.

Namun ternyata, banyak anggota grup tersebut yang juga pernah dibuat panik oleh fitur tersebut. Beberapa dari mereka pun menceritakan pengalamannya.

"Kalo saya malah prnah ditegur petugas pom sama tukang parkir mbah,suruh matiin mesinnya," curhat Bayu Purnomo.

"Pernah mbah pake mobil beginian,alhasil pas isi solar jadi lama nunggu mesin mati dulu,antrian yg belakang udah pasang wajah sewot," tambah Hendrik Prasetyo.

Turbo Timer ini berfungsi untuk membiarkan mesin bekerja beberapa saat meski kunci kontak telah dilepas atau dicabut oleh pengendara.

Mesin akan otomatis mati begitu waktu atau durasi yang diset di turbo timer terpenuhi. Dalam gambar di atas, turbo timer diset selama satu menit.

Hal ini sangat penting karena berhubungan erat dengan usia pakai turbo.

Pasalnya, bila mesin mobil yang dilengkapi turbo dimatikan secara mendadak, maka batang as pada turbo akan kehilangan pelumasan padahal turbo masih berputar.

Btw, pernah punya pengalaman serupa?

BACA SELANJUTNYA

5 Manfaat Merawat Jok Mobil dan Tips Merawatnya dengan Tepat