Selasa, 20 Agustus 2019
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Sabtu, 03 Agustus 2019 | 08:00 WIB

Mobimoto.com - Kantung udara atau airbag adalah fitur keselamatan mobil yang mulai jadi standar produksi. Meski begitu pada beberapa varian mobil memang belum dilengkapi dengan fitur ini. Seperti mobil Toyota Avanza lansiran tahun 2005 yang ditanyakan oleh pemobil ini, karena ia sempat heran mengapa airbag-nya tidak mengembang saat lakalantas.

Lewat jejaring Facebook, seorang warganet menanyakan perihal fitur airbag di mobil Toyota Avanza lansiran tahun 2005 yang tidak mengembang saat mengalami kecelakaan.

Beserta unggahan foto ia menuliskan "Mau tanya sistem kerja airbag itu giman aya? Apakah cuma keluar ketika nabrak di kecepatan tertentu? Temenku semalam kecelakaan ditabrak truk dari belakang pas posisi mau putar balik,"

"Posisi mobil sudah berhenti mau belok, sudah menyalakan lampu sein, sepertinya ditabrak lumayan kenceng karnea body depan dan belakang sampai kaca semua kena. Apakah kalau benturan keras, seperti yang dialami temenku itu airbag tidak mau mengembang? Atau memang mobilnya belum ada fitur airbag ya? Ini mobil Avanza 2005 atau 2006 gitu," jelasnya.

Mobil Avanza 2005 Alami Lakalantas. (Facebook)

Banyak sekali warganet yang kemudian memaparkan kalau mobil Toyota Avanza lansiran tahun 2005 yang mengalami lakalantas di atas belum dilengkapi dengan fitur airbag.

"Coba dicek brosurnya deh, sepertinya yang generasi itu memang belum ada airbag-nya," kata Hatta Puspanda.

"Jawaban serius nih. Avanza tahun segitu mah belum ada airbag, Avanza baru ada airbag mulai tahun 2013." Ujar Rama Nugraha.