Sabtu, 20 Juli 2019
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Selasa, 09 Juli 2019 | 17:00 WIB

Mobimoto.com - Modus kejahatan di jalanan semakin beragam dan membuat pemotor dan pemobil jadi lebih waspada. Baru-baru ini, seorang pemobil di Bekasi, Jawa Barat hampir jadi korban modus kejahatan yang diduga dilakukan secara berkelompok. Beruntung ia selamat berkat kamera yang dipasang di mobil.

Lewat jejaring Facebook, akun Dash Cam Owners Indonesia membagikan video durasi satu menit. Terlihat video tersebut merupakan hasil rekaman dashcam atau kamera di dasbor mobil.

Belakangan ini, penggunaan kamera dasbor (dashcam) semakin banyak digunakan oleh pengemudi mobil. Tidak sekadar ikut tren atau untuk bergaya, penggunaan kamera di mobil juga bisa membantu pengemudi mobil terhindar dari modus kejahatan.

Bersama dengan unggahan video itu juga dijelaskan kronologi kejadian modus kejahatan yang menimpa pengemudi mobil itu.

"Kronologi: Mobil berjalan dari arah Bekasi ke arah Bantar Gebang. Jalanan lumayan sepi, di lokasi seberang pom bensin. Tiba-tiba ada orang dengan sengaja memukul bagian samping mobil," katanya.

Orang yang Diduga Menabrakkan Diri Ke Mobil Sebagai Modus Kejahatan di Jalan. (Facebook/Dash Cam Owners Indonesia)

Melanjutkan "Saya ingat mobil di belakang saya adalah Honda Brio. Saya tidak berhenti karena tidak menabrak dan saya curiga takutnya orang aneh-aneh. Sesampainya saya di lampu merah Cipendawa, pengemudi mobil Avanza putih turun dan menghampiri saya, ketok-ketok aca mobil saya,"

"Orang tersebut bilang "Mas, tadi nabrak orang ya?" lalu saya bilang "Tidak mas, tadi ada orang sengaja nabrakin badannya dengan memukul bodi mobil saya," kemudian saya tunjukkin kalau saya ada bukti video,"" sambungnya.

Setelah si pengemudi mobil itu mengatakan ada bukti video, kabarnya si pengemudi mobil Avanza itu tak bergeming dan malah balik arah.

Kejadian yang menimpa pemobil di Bekasi itu pun banyak ditanggapi oleh warganet.

"Sering kejadian kayak gini, di daerah Bantar Gebang. Temen ada yang pernah ngalamin, akhirnya HP ilang buat jaminan para komplotannya," kata Shofie Arie.

"Mobil Avanza putihnya itu tuh yang tadi berhenti di depan gate pabrik warna biru. Wah, dashcam saat ini emang harus jadi kebutuhan di mobil, ya." Ujar Marchelius Adi.

Disadari atau tidak, penggunaan dashcam memang sudah jadi kebutuhan pemobil, karena akan sangat berguna untuk terhindar dari modus kejahatan karena bisa digunakkan sebagai barang bukti.