Rabu, 17 April 2024
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Selasa, 02 Juli 2019 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Belum banyak yang tahu kalau mantan presiden Indonesia ke-3, BJ Habibie gemar mengoleksi sejumlah kendaraan, baik itu roda empat atau roda dua. Semua koleksinya berbaris rapi di garasi rumahnya yang mewah dan luas.

Informasi tentang koleksi kendaraan BJ Habibie diperoleh dari channel YouTube Kevin Hendrawan. Kebetulan pada 2017 lalu, youtuber tersebut mendapat kesempatan berkunjung ke rumah mantan presiden ke-2 Republik Indonesia (RI).

Sesaat setelah memasuki garasi, Kevin dibuat takjub dengan pemandangan sejumlah kendaraan yang berbaris rapi. Nyatanya, BJ Habibie merupakan seorang kolektor mobil mewah pada masanya.

Koleksinya itu mencapai 70 unit mobil dan didominasi oleh merek Mercedes-Benz (Mercy). Saking banyaknya kendaran dan luas tempatnya, Kevin Hendrawan bahkan menyebut garasi BJ Habibie mirip dengan parkiran basement mall.

Koleksi mobil BJ Habibie. (YouTube/Kevin Hendrawan)

"Ini bukan cuma sekadar parkiran, ini mirip basement mall sebenarnya...wow, aku pengen punya garasi kayak gini," ungkap Kevin Hendrawan.

Bukan mobil keluaran terbaru, BJ Habibie menjatuhkan pilihan ke sejumlah kendaraan zaman lampau. Sampai saat, ini koleksi kendaraan yang ikonik itu terawat.

Koleksi motor BJ Habibie. (YouTube/Kevin Hendrawan)

Tak hanya mobil, ada juga sejumlah motor gede (moge) yang ditempatkan di garasi yang berbeda. Sayangnya kendaraan tersebut tampak kusam dan berdebu.

Walau begitu dengan melihat banyaknya mobil dan moge, BJ Habibie layak disebut sebagai kolektor kendaraan antik nan mewah di Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Intip Deretan Mobil Kepresidenan RI dari Soekarno Hingga Jokowi, Mewah!