Jum'at, 21 Juni 2019
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Selasa, 11 Juni 2019 | 15:00 WIB

Mobimoto.com - Penampang jalan di belahan dunia terdiri dari berbagai medan mulai jalur lurus, tikungan, tanjakan hingga turunan. Tanjakan curam menjadi medan uji nyali yang tepat bagi para pengendara yang ingin memacu adrenalin.

Salah satu tanjakan curam yang populer adalah Baldwin Street yang berlokasi di Kota Dunedin, Selandia Baru. Tak kalah dari yang ada di Indonesia, tanjakan ini memiliki kemiringan ekstrem yakni 19 derajat.

Dikutip dari laman Ramblingfeet, Baldwin Street diakui oleh Guiness World Records sebagai jalan paling terjal di dunia karena saking ngerinya. Jalanan itu diciptakaan oleh Charles Kettle pada pertengahan abad ke-19 mengikuti desain Kota Edinburgh, Skotlandia.

Menariknya, meski curam dan memacu adrenalin para pengendara yang melewati tanjakan itu akan disajikan dengan pemandangan yang indah, perpaduan susunan rumah warga dengan pepohonan hijau. Jadi cukup instagramable dan bisa dijadikan sebagai ajang pamer.

Pengendara pun tak perlu panik akan keselamatan, sebab pemerintah setempat sengaja melapisi Baldwin Street dengan beton bukan aspal. Hal itu dikarenakan aspal bisa meleleh dan meluncur turun saat musim panas, sedangkan saat musim dingin aspal bisa menjadi sangat licin.

Di sisi lain, potret Baldwin Street yang diunggah di media sosial Twitter oleh akun @hotradero belum lama ini pun menyedot perhatian netizen. Tak sedikit netizen Indonesia yang malah menanggapi kocak foto itu dan membandingkannya dengan jalanan di tanah air.

Baldwin Street. (Twitter/@hotradero)

"Sama tanjakan Cimbeuleuit mana yang lebih curam bang?" tanya @lifejoy.

"Jalan raya Trawas dan beberapa lokasi Pacet-Batu via Cangar siap datang sebagai penantang," celoteh @sikumannakal.