Selasa, 25 Juni 2019
Dany Garjito | Husna Rahmayunita : Minggu, 09 Juni 2019 | 09:00 WIB

Mobimoto.com - Transaksi untuk pembelian barang berharga seperti mobil biasanya dilakukan secara elektronik atau langsung dengan uang kertas. Tapi hal itu tidak berlaku untuk pria kali ini.

Dikutip dari laman SCMP, seorang pria mendatangi diler di daerah Cangzhou, Hebei, Tiongkok, China untuk membeli mobil bekas idamannya. Setelah memilih, ia pun menjatuhkan pilihan ke sebuah kendaraan yang tidak diketahui mereknya.

Sayangnya, ia malah membuat repot pegawai diler setelah memilih mobil karena membayar dengan uang receh. Tak tanggung-tanggung, uang tersebut ditempatkan ke dalam 66 kantong.

Saking banyaknya, dibutuhkan waktu kurang lebih tiga hari bagi sejumlah pegawai diler untuk menghitung uang receh itu. Konon jumlah uang itu mencapai 18.800 dolar AS atau setara dengan Rp 267,4 juta.

Herannya setelah membayar dengan uang receh, pria itu kemudian membayar sisa biaya dengan transfer. Tak ayal aksi pembeli kali ini menyedot perhatian.

Sejumlah pegawai diler sedang menghitung 66 kantong uang receh. (YouTube/SCMP)

Untung pihak diler menerima dengan jenis transaksi unik tersebut. Diler itu pun mungkin menjadi satu-satunya di China yang mau menerima uang receh dalam jumlah banyak.

Mirip dengan peristiwa tersebut, seorang petani di Majalengka, Jawa Barat juga membeli mobil dengan uang receh senilai Ro 40 juta beberapa waktu lalu. Cerita petani itu pun sempat viral dan menghebohkan jagat dunia maya Indonesia.