Senin, 16 September 2019
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Sabtu, 08 Juni 2019 | 11:00 WIB

Mobimoto.com - Sudah bukan jadi rahasia umum kalau Abu Dhabi, Uni Emirat Arab menyimpan sejuta keistimewan. Setelah tempat sampah mobil yang mirip diler, ada juga tempat parkir khusus untuk kendaraan rusak.

Tempat parkir yang dimaksud berada di kawasan industri Musaffah, Abu Dhabi. Layaknya parkiran apartemen, pengendara bisa meninggalkan kendaraan mereka yang rusak di sini selama beberapa waktu.

Tak perlu panik kendaraan yang rusak hilang, ada sejumlah petugas yang bertugas menjaga kendaraan. Sementara untuk tarif, dibanderol dengan harga khusus sesuai dengan jangka waktu penggunaan. Misalnya saja untuk tarif parkir sehari dikenai 10 dirham atau sekitar Rp 38.000, seminggu dibanderol 125 dirham atau Rp 483.00 dan tarif parkir sebulan mencapai 225 dirham atau satara dengan Rp 870.000.

Tempat parkir kendaran rusak di kawasan industri Musaffah dibuka pada pertengahan Mei 2019. Pemerintah setempat sengaja membuka tempat parkir ini untuk meminimalisir kebiasaan penduduk setempat yang sering meninggalkan kendaraan rusak di pinggir jalan.

Kaca depan mobil rusak parah karena pengharum ruangan. (Facebook/Maswar)

"Ini inisiatif yang bagus. Kalian akan merasa aman untuk meninggalkan mobil di tempat yang telah ditentukan sampai bisa memutuskan untuk membawanya ke bengkel," kata Khalid seperti yang dikutip dari laman Khalijtimes.

Kota Musaffah secara rutin melakukan kampanye untuk membersihkan jalanan dari mobil-mobil rusak. Hal itu dilakukan, agar pengendara tidak dikenai biaya sebesar 3000 dirham atau Rp 11,6 juta sesuai peraturan perundang-undangan.