Minggu, 08 Desember 2019
Angga Roni Priambodo : Kamis, 06 Juni 2019 | 20:00 WIB

Mobimoto.com - Arab Saudi dikenal sebagai negara kaya raya. Salah satu budaya unik yang sering dilakukan warga di sana yaitu membuang mobil layak pakai ke tempat sampah.

Tempah sampah yang dimaksud di sini tentunya bukan area yang kotor dan berbau. Tapi, sebuah tempat yang dipenuhi dengan rongsokan mobil berbagai merek seperti yang ada di Kota Jeddah.

Menilik sejarah singkatnya, pada tahun 2009, Kota Jeddah pernah ditimpa musibah banjir bandang. Akibat kejadian itu, ribuan kendaraan terendam banjir tapi kemudian dibiarkan begitu saja oleh para pemiliknya.

Mereka lebih memilih membeli mobil baru, daripada memungut mobil-mobil itu. Potret sampah mobil di Kota Jeddah juga terlihat dari video yang diunggah chanel YouTube Alman Mulyana belum lama ini.

Warga Negara Indonesia yang menetap di Arab Saudi tersebut menujukkan betapa banyaknya sampah mobil yang ada di Jeddah. Tak disangka, sejumlah merek mobil seperti Chevrolet, Inviniti, Terano, LG 200, Toyota Yaris teronggok di tempat tersebut.

Tempat sampah mobil di Jeddah. (YouTube/Alman Mulyana)

Biasanya para pembeli mencari onderdil, sparepart atau kendaraan bekas utuh di tempat itu. Orderdil dan sparepart mobil bisa dibeli secara kiloan, sementara untuk mobil utuh dapat dibeli per unit sesuai harga yang telah ditentukan.