Senin, 16 September 2019
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Senin, 03 Juni 2019 | 19:00 WIB

Mobimoto.com - Toyota Avanza dikenal sebagai mobil sejuta umat di Indonesia. Kendaraan itu pun baru saja melalui crash test atau uji tabrak di Afrika Selatan.

Nyatanya belum banyak yang tahu kalau Toyota Avanza juga diminati di Negara Afrika Selatan. Tak jauh beda dari Indonesia, mobil itu sering dijadikan kendaraan pribadi dan alat transportasi operasional perusahaan.

Dikutip dari laman cars.co.za, uji tabrak Toyota Avanza dilakukan oleh Global NCAP bersama Automobile Association of South Africa dalam kampanye #SaferCarsForAfrica putaran ke-3 belum lama ini. Hasilnya cukup mencengangkan.

Mobil sejuta umat dengan tipe entry level yang dilengkapi dua air bag awalnya ditabrakkan dengan kecepatan 64 km/jam. Mobil itu meraih empat bintang untuk perlindungan orang dewasa.

Sistem penahan mobil bekerja dengan baik untuk pengemudi dan penumpang sehingga layak mendapat skor empat untuk keselamatan pengendara dewasa. Namun begitu, struktur kendaraan dan area footwell masih tidak stabil.

Toyota Avanza. (paultan.org)

Terlepas dari semuanya, Toyota Avanza memiliki skor terbaik dibandingkan dengan Honda Amaze dan Suzuki Ignis yang juga turut menjalani uji tabrak.

Honda Amaze memperoleh empat bintang untuk keselamatan orang dewasa dan satu bintang untuk anak-anak. Sedangkan Suzuki Ignis hanya memperoleh tiga bintang dan satu bintang dalam kategori serupa.