Rabu, 22 Mei 2019
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Selasa, 14 Mei 2019 | 20:00 WIB

Mobimoto.com - Hampir setiap hari terjadi berbagai macam pelanggaran lalu lintas di berbagai negara. Uniknya, pemerintah Turki kemudian mencetuskan ide cemerlang yaitu menggunakan mobil polisi palsu.

Konon, para pelanggar lalu lintas di Negara Turki cukup nekat-nekat. Ide mobil polisi palsu diklaim bisa membuat mereka yang tidak tertib, jera.

Gambar mobil polisi palsu ala Turki awalnya tersebar dari Facebook dan dibagikan kembali oleh akun Twitter kepolisian Inggris, Radford Road Police. Sebuah keterangan kemudian ditambahkan dalam foto itu.

"Kami mendapat foto yang tersebar di Facebook, mobil dengan lampu berkedip ada di sisi jalan? Apa yang dipikirkan orang-orang?" tulis @RadfordRdCops.

Mobil polisi palsu. (Twitter/@RadfordRdCops)

Dari foto yang dibagikan, tampak sebuah mobil polisi warna putih dengan garis merah dan biru ada di pinggir jalan. Lucunya, ban mobil tersebut tidak menyentuh tanah.

Ya, mobil polisi itu bukan kendaraan asli alias hanya sebuah gambar. Kepolisian Turki sengaja menempatkan gambar tersebut di pinggir jalan untuk menakut-nakuti para pelanggar lalu lintas. Senada dengan hal itu, seorang netizen mengaku sempat kaget dengan kehadiran gambar itu.

"Itu bekerja pada awalnya. Aku berkendara di Turki dan ketika pertama kali melihat gambar itu, aku sangat berhati-hati. Dari kejauhan itu terlihat nyata. Berpikir anda harus terus bergerak seperti orang yang bijaksana," tulis @Ryan_27.