Kamis, 18 April 2024
Angga Roni Priambodo | Praba Mustika : Rabu, 08 Mei 2019 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Pada umumnya, ketika memilih warna mobil, konsumen akan mengaitkan dengan beberapa preferensi pribadi. Mobil warna hitam menjadi salah satu warna favorit pembeli. Mobil berwarna pekat tersebut pun, warna favorit bagi para pejabat, seperti presiden, menteri hingga pejabat pemerintahan. Apa alasan mobil pejabat banyak yang berwarna hitam?

Kembali ke abad 19, saat itu industri otomotif begitu masif menggunakan warna hitam, dengan jenis cat hitam enamel, yang dianggap paling cepat kering, dibandingkan dengan jenis cat Polychrome Lacquer.

Seperti dilansir Top Gear, pada 1924, perusahaan cat DuPont Chemical Company berhasil menciptakan jenis cat, yang cocok untuk kendaraan. Selain lebih cepat kering, cat Duco Satin Finish Lacquer juga bisa mempercepat waktu pengeringan cat mobil, dari 300 jam jadi hanya 14 jam saja.

Jenis cat tersebut pertama kali digunakan pada mobil sedan Oakland lansiran tahun 1924. Produsen mobil asli Amerika, Ford, yang sebelumnya hanya memberikan pilihan warna hitam pun, menawarkan beberapa opsi warna, meski dengan nuasa warna yang juga cenderung gelap.

Dari sisi psikologis, warna hitam berkaitan dengan kekuatan, kemewahan, formailtas dan juga kualitas. Tak cuma itu, warna hitam juga menunjukkan kekuatan dan kekuasaan.

Mobil Presiden RI 1. [Suara.com/Bowo Raharjo]

Di Amerika Serikat, pemilihan warna hitam pada mobil presiden dan staf kepresidenan, juga bermaksud membedakkan dari mobil milik pemerintah yang lain seperti mobil polisi, pemadam kebakaran hingga kendaraan militer.

Dengan latar belakang psikologi warna itulah, yang membuat mobil pejabat banyak yang berwarna hitam. Jadi tidak penasaran lagi, kan?

BACA SELANJUTNYA

Tekanan Angin Ban Mobil: Jangan Diabaikan, Efeknya Ngeri!