Sabtu, 20 April 2024
Dany Garjito | Husna Rahmayunita : Sabtu, 27 April 2019 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Daimler, raksasa otomotif asal Jerman kini tengah dirundung kebingungan gegara ulah Kim Jong Un. Presiden Korea Utara itu ketahuan menunggangi salah satu mobil andalan mereka.

Dikutip dari laman carscoops.com, Daimler mengatakan tidak tahu menahu di mana Kim Jong Un bisa mendapat limusin baja mereka. Apalagi, perusahaan juga tidak menjalin bisnis dengan Korea Utara.

Seperti yang diketahui, selama mengadakan pertemuan dengan Vladimir Putin dan Donald Trump, Kim Jong Un kedapatan mengendarai Mercedes. Hal itu tak pelak mengundang pertanyaan banyak orang.

Terlebih berdasarakan putusan PBB, banyak negara dilarang untuk mengimpor benda-benda mewah termasuk limusin. Hal itu dimaksudkan untuk memberi tekanan kepada Korea Utara agar menghentikan senjata nuklir mereka.

Iring-iringan mobil Kim Jong Un. (YouTube/euronews)

Tapi, kenyataan malah berbanding terbalik. Kim Jong Un terciduk menunggangi Mercedes S600 Pullman Guard dan Maybach 62 saat melakukan pertemuan di Rusia. Sedangkan saat bertemu Donald Trump di Singapura dan Hanoi, orang nomor satu di Korea Utara itu mengendarai Mercedes S600 Pullman Guard.

Secara blak-blakan wakil dari Daimler kemudian mengaku kalau tidak mengetahui bagaimana caranya Kim Jong Un bisa mendapat mobil Jerman. Padahal, perusahaan merasa sudah melakukan ekspor produk secara benar dan tidak memiliki hubungan bisnis dengan Korea Utara.

"Kami sama sekali tidak tahu bagaimana kendaraan itu dikirim ke Korea Utara. Kami telah mengekspor produk secara benar sesuai dengan hukum dan prinsip dasar kewirausahaan," ungkap Silke Mockert, selaku juru bicara Daimler.

"Perusahaam kami tidak memiliki hubungan bisnis dengan Korea Utara selaam lebih dari 15 tahun dan telah mematuhi embargi Uni Emirat dan Amerika Serikat," imbuhnya.

BACA SELANJUTNYA

Arema FC Bersuka Cita, Dapat Hadiah dari Presiden Klub Berupa Bus Mewah