Rabu, 17 April 2024
Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 26 April 2019 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Tak cuma diikuti oleh mobil dan motor jalanan, sebuah truk tambang raksasa ikutan 'mejeng' di acara IIMS 2019. Truk ini tentu menimbulkan rasa penasaran. Selain ukuran truk ini yang kelewat jumbo, bagaimana spesifikasi dari truk satu ini? Penasaran kan?

Truk buatan produsen alat berat, Caterpillar dengan seri CAT 777E ini ternyata mengusung mesin dengan kapasitas 32,1 L atau sekitar 32.1000 cc. Bagi yang terbiasa dengan mesin mobil jalanan biasa, atau bahkan mobil sport berperforma tinggi pasti tetap takjub dengan dimensi mesin yang sangat besar ini.

Truk tambang jika dimensinya dibandingkan dengan sebuah motor Vespa. (Instagram/@iims_id)

Dibekali 12 piston, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 158 kW atau sekitar 1.004 daya kuda. Ukuran jumbo dengan tenaga monster!

Tak cuma itu truk tambang ini juga mampu menghasilkan torsi sebesar 4.757 Nm. Kecepatan maksimalnya pun mampu mencapai 65,9 km/jam.

Namun dari mesin jumbo plus tenaga monster tersebut, truk CAT 777E ini tentu harus kuat membawa beban berat dong. Misalnya buat angkut batu bara, mungkin? Mumpung lagi jadi topik pembicaraan yang hangat.

Jadi, berapa banyak batu bara yang bisa dimuat jika menggunakan truk ini? Menurut situs resmi Caterpillar, truk ini mampu mengangkut beban hingga paling mentok seberat 98,2 ton! Namanya juga truk tambang.

BACA SELANJUTNYA

All New Suzuki Jimny Bakal Dirakit di Tanah Air, Tampilannya Mantap!