Jum'at, 26 April 2024
Angga Roni Priambodo : Minggu, 07 April 2019 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Banyak pemilik mobil yang selama ini belum tahu fitur yang tersedia di mobil keluaran terbaru. Salah satunya adalah garis horizontal yang biasanya terdapat di kaca belakang mobil (defogger).

Apa sebenarnya fungsi dari defogger?

Menurut Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, fitur tersebut berfungsi untuk menangkal embun terutama ketika turun hujan dan AC tetap menyala.

"Jadi pengemudi tetap bisa melihat pandangan ke luar. Karena defogger bisa menghilangkan embun," kata Deni, dikutip dari laman Auto2000.

Wiper Mobil. (unsplash/Thibault Valjevac)

Lebih lanjut, Deni menjelaskan, proses terjadinya pengembunan pada kaca karena adanya perbedaan suhu antara di dalam kabin dan di lingkungan sekitar mobil.

Jadi dengan adanya defogger, permukaan kaca menjadi panas, sehingga tidak akan timbul embun dan pengendara tetap bisa melihat jalan ke depan atau ke belakang dengan jelas.

Namun Deni mengingatkan, fitur tersebut juga sewaktu-waktu bisa rusak. Oleh sebab itu menurut Deni tidak ada salahnya ketika melakukan servis berkala minta kepada teknisi untuk melakukan pengecekan.

"Khawatir tidak berfungsi, sehingga perlu di cek setiap 20.000 km atau selebihnya, untuk memastikan masih berfungsi secara normal," tutup Deni.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

BACA SELANJUTNYA

Tips Merawat Bodi Mobil Warna Hitam, Begini Perlakuannya