Rabu, 05 Agustus 2020
Dany Garjito | Praba Mustika : Selasa, 26 Maret 2019 | 11:15 WIB

Mobimoto.com - Tinggal atau membuka usaha, di jalur perlintasan kendaraan besar seperti truk atau bus memang berisiko. Tak sedikit kasus bus atau truk yang menubruk rumah atau warung makan hingga hancur. Seperti kejadian yang menimpa sebuah warung makan di Sadang, Purwakarta, Jawa Barat ini. Sebuah warung makan sampai porak poranda, padahal cuma kena angin dari ban truk yang pecah.

Kejadian ini diketahui setelah akun Facebook bernama Nda Cengceremen mengunggah foto warung makan yang sudah berantakan, seperti habis ditabrak atau kena angin puting beliung.

Tapi dari keterangan Nda Cengceremen, diketahui kalau warung makan tersebut hancur berantakan karena terkena angin dari ban truk yang pecah ''ban container pecah. Anginnya sampe ancurin warga, lokasi jalan raya sadang-subang. Tiati ya kalo dkt2 mobil gede.''

Kondisi Warung yang Alami Kerusakan Setelah Terkena Angin dari Ban Truk yang Pecah. (Facebook/Nda Cengceremen)

Kejadian ini pun bikin ngeri warganet, terutama warga sekitar yang daerahnya sering dilintasi kendaraan besar seperti truk atau bus.

Kondisi Warung yang Alami Kerusakan Setelah Terkena Angin dari Ban Truk yang Pecah. (Facebook/Nda Cengceremen)

Tapi ternyata, tekanan angin ban truk yang pecah itu besar, loh. Seperti penjelasan Alif, seorang warganet yang menjelaskan ''Ban setir tekanan 90/100, engkel bisa sampe 140 kalo muatan berat, belakang yg ban 3 itu 120 kalo gak salah. Soalnya udah lama pensiun kerja di truk. Muatan 40 ton,''

Truk Kontainer yang Alami Pecah Ban. (Facebook/Nda Cengceremen)

Beberapa warganet yang lain, ternyata pernah merasakan betapa dahsyatnya tekanan udara dari ban truk yang pecah.

''gejil pernah 10 meter dari letusan kontainer mbah, rasanya kuping pengang seharian,'' cerita Pandji Kurniawan.

''Pernah mbah dulu lihat persis di depanu, dia di sampingnya truk terus bannya meledak sampai mental pengendara motornya. Terus tetangga juga mbah, meninggalnya karena pas nurunin ban serep truk bannya meledak.'' Kata Sigit Pontjo.

Masih berkaitan dengan kejadian di atas, itulah mengapa pemotor dan pemobil harus bisa menjaga jarak dengan truk. Karena Blind spot dan ban truk yang pecah, bisa sangat berbahaya, Sob.

Duh, semoga pengemudi truk dan si pemilik warung makan yang, tempat usahanya porak poranda karena terkena angin dari ban truk yang pecah bisa menyelesaikan masalah ini.

BACA SELANJUTNYA

6 Inovasi Kocak Warga Indonesia di Dunia Otomotif, Kelewat Kreatif!