Jum'at, 29 Maret 2024
Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal : Selasa, 19 Maret 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Setiap mobil selalu mempunyai kisahnya tersendiri, baik suka maupun duka. Begitu juga mobil kepresidenan yang digunakan sebagai kendaraan dinas oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Mobil ini begitu setia mengantar sang proklamator dalam kesibukannya sebagai presiden pertama Republik Indonesia.

Bahkan mobil inilah yang menjadi saksi bisu saat-saat akhir dari Presiden Soekarno. Seperti yang kita ketahui, kesehatan Soekarno memburuk menjelang berakhirnya masa jabatan dari presiden tersebut. Mulai sakit-sakitan, mobil ini setia mengantarkan Presiden Soekarno ke Rumah Sakit St. Carolus.

Potret mobil yang menjadi saksi bisu saat-saat terakhir Presiden Soekarno. (Facebook/Danang Prasetyo)

Potret tersebut kabarnya diambil setelah peristiwa G30S. Waktu itu, kesehatan Bung Karno terus memburuk, membuatnya harus rutin cuci darah ke rumah sakit tersebut. Tak lupa Detasemen Kawal Pribadi setia mengawal presiden pertama terebut.

Jenis dari mobil tersebut adalah Cadillac Series 62, kabarnya mobil ini hanya didatangkan sebanyak dua unit pada tahun 1964. Salah satunya kini berada di garasi milik seorang kolektor di Jakarta.

 

BACA SELANJUTNYA

Tekanan Angin Ban Mobil: Jangan Diabaikan, Efeknya Ngeri!