Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita : Selasa, 05 Maret 2019 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Masa pemerintahan Orde Baru di Indonesia meninggalkan beragam cerita. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah kisah Menteri Mar'ie Muhammad yang pernah ditolak masuk ke Istana Negara karena mengendarai Kijang butut.

Kisah tersebut terungkap, setelah channel YouTube Kemenkeu RI membagikannya film dokumenter yang berjudul Mar'ie Muhammad bersama Fathia Izzati pada 16 September 2018 lalu. Sosok Mar'ie Muhammad sendiri dikenal sebagai Menteri Keuangan yang berani dan jujur

Saat menjabat sebagai DirekturJenderal Pajak pada tahun 1988, ia mengeluarkan kebijakan yang cukup kontroversial yaitu menghitung pajak Presiden Soeharto secara langsung. Hal itulah yang membuat Mar'ie Muhammad dikenang sampai sekarang.

Di sisi lain, meski memiliki jabatan penting, kehidupan pria berjuluk Mr. Clean tersebut penuh dengan kesederhanaan. Baginya, uang untuk hidup mewah lebih baik dibagikan kepada mereka yang berhak.

Mar'ie Muhammad. (YouTube/channel Kemenkeu RI)

Kesederhanaan Mar'ie Muhammad pun tercermin dari tunggangan pribadinya. Bukan sedan mewah, pria kelahiran Surabaya, 3 April 1939 itu lebih memilih Kijang butut.

Sayang, sebuah peristiwa unik pernah didapatnya saat mengendarai tunggangan kesayangan. Menurut pengakuan anak Mar'ie, Rahmasari Muhammad, saat itu ayahnya hendak menerima penghargaan Bintang Maha Putra di Istana Negara.

Ilustrasi mobil Kijang. (toyota.astra.co.id)

Tapi sayang, Mar'ie Muhammad hampir ditolak masuk Istana oleh petugas keamanan karena mobilnya dianggap tidak layak. Alhasil, Mar'ie kemudian membuka pintu dan menunjukkan wajahnya.

"Waktu itu beliau menggunakan mobil Kijang zaman dulu, yang jadul beliau hampir ditolak masuk ke istana. Karena mobilnya terlalu jelek mungkin ya?"

"Sampai akhirnya dia buka pintu dan menunjukkan mukanya lalu dia bilang, 'Saya Mar'ie Muhammad, saya mau terima penghargaan', lalu satpamnya bilang 'Oh iya pak, silakan'," ungkap Rahmasari Muhammad.

BACA SELANJUTNYA

Tips Memilih Ban Mobil yang Cocok untuk Musim Hujan