Jum'at, 29 Maret 2024
Angga Roni Priambodo : Senin, 25 Februari 2019 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Mobimoto.com - Insurance of Highway Safety (IIHS) dari pemerintah Amerika Serikat memperkenalkan sebuah teknologi canggih, yaitu melahirkan peranti berupa detektor yang mampu melakukan pengereman otomatis pada mobil untuk menghindari kecelakaan. Hal tersebut diterapkan dalam rangka mengurangi angka kecelakaan pejalan kaki akibat lengahnya pengemudi. 

Manager Pengecekan Keamanan IIHS, David Aylor mengatakan, untuk penerapan teknologi ini pihaknya bakal menjalin kerjasama dengan para manufaktur otomotif.  Mereka akan diminta untuk menyematkan pedestrian detector ke settiap kendaraan roda empat (R4) yang diproduksi. 

Ilustrasi mobil

Cara kerjanya, tambah David Aylor, pedestrian detector tidak langsung menghentikan laju mobil secara mendadak, karena akan membahayakan pengemudi. Namun dengan cara deselerasi kecepatan.

"Ketika peranti ini sudah berhasil mendeteksi adanya pejalan kaki, kecepatan mobil akan melambat secara otomatis. Sebelum akhirnya benar-benar berhenti," terang David Aylor, seperti dikutip dari CNBC.

Dalam konteks pedestrian detector itu, IIHS menilai bahwa keselamatan pejalan kaki bukan hanya tugas pemerintah melalui upaya peningkatan sarana pedestrian saja. Akan tetapi, pengembang teknologi juga harus turut serta dalam mengembangkan fitur yang mampu memberikan rasa aman bagi pejalan kaki.

Sayangnya, belum dijelaskan berapa besar jumlah kecelakaan yang telah melibatkan para pejalan kaki. Selain itu, IIHS juga belum memberikan informasi kapan teknologi ini mulai bisa digunakan.

Suara.com/ Manuel Jeghesta Nainggolan

BACA SELANJUTNYA

Tips Sebelum Mudik: Persiapan Meninggalkan Mobil di Garasi